Analisis Kepatuhan Masyarakat terhadap Pembayaran Zakat Penghasilan Di Baitul Mal Banda Aceh (Studi Pada Pengusaha Perikanan Tangkap Di Kota Banda Aceh)

Faradika, 190602332 (2023) Analisis Kepatuhan Masyarakat terhadap Pembayaran Zakat Penghasilan Di Baitul Mal Banda Aceh (Studi Pada Pengusaha Perikanan Tangkap Di Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembayaran Zakat] Text (Pembayaran Zakat)
Faradika, 190602332, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Zakat penghasilan ialah salah satu di antara beberapa bentuk zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap pengusaha perikanan tangkap dari penghasilannya, baik setiap bulan sekali atau dihitung per tahun. Hanya saja, pengeluaran zakat oleh pengusaha perikanan tangkap ini masih rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penghasilan para pengusaha perikanan tangkap di Kota Banda Aceh dan mengetahui aspek pemenuhan indikator kepatuhan pengusaha perikanan tangkap dalam mengeluarkan zakat penghasilan. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif-analisis. Hasil penelitian menyatakan bahwa pengusaha perikanan tangkap di Kota Banda Aceh sudah memenuhi nisab zakat penghasilan. Aspek indikator yang terpenuhi oleh pengusaha perikanan tangkap dalam membayar zakat terdapat dua aspek yaitu pengusaha ikan mempercayai (believe) serta menerima (accept) terhadap adanya aturan kewajiban zakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Faradika Fara
Date Deposited: 15 Aug 2023 09:37
Last Modified: 15 Aug 2023 09:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30796

Actions (login required)

View Item
View Item