Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Permainan Kloberka Siswa Kelas V SDN Siron Aceh Besar

Nisa Kaisara, 190209132 (2023) Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Permainan Kloberka Siswa Kelas V SDN Siron Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Permainan Kloberka Siswa Kelas V SDN Siron Aceh Besar] Text (Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Permainan Kloberka Siswa Kelas V SDN Siron Aceh Besar)
SRIPSI nisa kaisara(sidang ) 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi kurangnya minat belajar siswa dalam pelajaran Bahasa indonesia pada materi tema 8 lingkungan dan sahabat kita, hal ini dapat dilihat dari metode pelajaran yang digunakan oleh guru pada saat mengajar, metode pelajaran yang kurang bervariasi yang digunakan oleh guru lebih sering dilakukan dengan memberikan tugas, menginstruksikan siswa untuk membaca teks yang ada dibuku siswa. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui metode permainan KLOBERKA siswa kelas V SDN Siron Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dan melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, dokumentasi metode yang digunakan dan angket. Hasil penelitian menunjukan penggunaan metode permainan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari observasi aktivitas guru I observasi aktivitas guru siklus I mendapatkan persentase rata-rata yaitu 76% dengan kategori cukup, pada siklus II mendapatkan persentase 83% dikategorikan baik dan pada siklus III mendapatkan persentase 97% dengan kategori sangat baik. Jika dilihat dari minat belajar siswa terhadap metode pembelajaran yang telah diterapkan mengalami peningkatan pada setiap siklus, pada siklus I siswa mendapatkan persentase 78,03% dengan kategori cukup pada siklus II siswa mendapatkan persentase 79,48% dengan kategori cukup sedangkan pada siklus III mendapatkan persentase 82,55% dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nisa Kaisara Nisa
Date Deposited: 15 Aug 2023 09:42
Last Modified: 15 Aug 2023 09:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30797

Actions (login required)

View Item
View Item