Aplikasi Pelayanan Dan Informasi Kepegawaian (Apik-20) Dalam Mewujudkan Reformasi Birokrasi Di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh

Ummi Hanik, 190802040 (2023) Aplikasi Pelayanan Dan Informasi Kepegawaian (Apik-20) Dalam Mewujudkan Reformasi Birokrasi Di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Aplikasi Pelayanan Dan Informasi Kepegawaian (Apik-20) Dalam Mewujudkan Reformasi Birokrasi Di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh] Text (Aplikasi Pelayanan Dan Informasi Kepegawaian (Apik-20) Dalam Mewujudkan Reformasi Birokrasi Di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh)
UMMI IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Aplikasi adalah sebuah inovasi yang berbasis pelayanan elektronik di era modern digitalisasi masa kini untuk menunjang kegiatan pemerintahan khususnya di Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten/Kota sehingga dapat memberikan kemudahan pelayanan administrasi kepegawaian agar menjadi lebih efektif cepat, tepat dan sesuai dengan tujuan, efisien dapat menghemat waktu, biaya dan dapat bekerja di mana saja dan kapan saja tanpa di batasi dengan sekat dan waktu bagi pegawai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi aplikasi APIK-20 dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam aplikasi APIK guna mewujudkan reformasi birokrasi di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi aplikasi APIK-20 di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh sudah berjalan sesuai dengan indikatornya yaitu terciptanya komunikasi dua arah yang baik, sumber daya yang ada telah memadai, respon dan arahan yang diberikan dari pihak Kantor Wilayah juga telah berjalan dengan baik. Namun implementasi aplikasi APIK-20 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh juga masih terjadinya hambatan yaitu masih adanya gangguan koneksi internet pada saat pemadaman listrik, kurangnya jenis layanan kepegawaian dan belum terjaminnya keamanan dalam penyimpanan data pegawai. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa dari implementasi aplikasi APIK-20 di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh telah berjalan menjadi lebih maksimal dengan tersedianya fitur-fitur dan menu pendukung dalam aplikasi APIK-20 tersebut sehingga usulan layanan kepegawaian Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Agama Kabupaten/Kota dapat dapat di layani dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Ummi Hanik Ummi
Date Deposited: 15 Aug 2023 10:11
Last Modified: 15 Aug 2023 10:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30798

Actions (login required)

View Item
View Item