Persepsi Pedagang Baju Dalam Pemanfaatan Marketplace Di Tinjau Dari Konseling Karir (Studi Pada Pedagang Baju Yang Menggunakan Marketplace Di Kecamatan Ulee Kareng)

Zhiyaul Fajar, 180402072 (2023) Persepsi Pedagang Baju Dalam Pemanfaatan Marketplace Di Tinjau Dari Konseling Karir (Studi Pada Pedagang Baju Yang Menggunakan Marketplace Di Kecamatan Ulee Kareng). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Konseling Karir] Text (Konseling Karir)
Zhiyaul Fajar, 180402072, FDK, BKI.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah membawa dampak besar bagi masyarakat di berbagai sektor kehidupan, termasuk di sektor ekonomi. Marketplace menjadi media penting dalam transaksi jual beli secara online dan memberikan manfaat bagi pedagang baju, seperti memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan omset. Masalah yang dihadapi oleh pedagang baju dalam memanfaatkan marketplace, seperti kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan teknologi, persingan yang semakin ketat dalam pasar online, serta tantangan dalam mempertahankan pelanggan dan meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi pedagang baju terhadap pemanfaatan marketplace dari sudut pandang konseling karir, serta strategi dan penggunaan marketplace oleh pedagang baju dalam berjualan untuk masa depan. Metode studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif digunakan untuk memperoleh informasi dari pedagang baju di Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang baju di Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh memiliki persepsi positif terhadap penggunaan marketplace sebagai platform penjualan dan menganggap bahwa penggunaan marketplace memberikan kemudahan dan efisiensi dalam berjualan serta dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Pedagang baju juga menggunakan berbagai strategi dalam meningkatkan penjualan, seperti menggunakan sosial media, aplikasi marketplace, dan endorse pada selebgram dan influencer. Para pemilik toko menyatakan bahwa penggunaan marketplace adalah kebutuhan penting dalam bisnis dan akan terus menggunakannya di masa depan. Dari sudut pandang konseling karir ditemukan bahwa pemanfaatan marketplace memiliki potensi untuk menjadi sumber penghasilan yang efektif bagi pedagang baju dan membantu dalam pengembangan karir mereka di bidang penjualan produk. Konseling karir dapat memberikan saran dan panduan bagi pedagang baju dalam memanfaatkan marketplace secara optimal dan meningkatkan efektivitas pemasaran produk mereka. Oleh karena itu, penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan karir pedagang baju dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pemanfaatan marketplace sebagai platform penjualan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Zhiyaul Fajar Fajar
Date Deposited: 15 Aug 2023 09:44
Last Modified: 15 Aug 2023 09:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30799

Actions (login required)

View Item
View Item