Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas I SD Negeri 5 Manggeng

Nur Nilam Sari, 190209061 (2023) Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas I SD Negeri 5 Manggeng. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas I SD Negeri 5 Manggeng] Text (Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas I SD Negeri 5 Manggeng)
upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Upaya guru adalah usaha guru untuk mendidik dan membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan untuk mencapai tujuan pembelajaran, termasuk pembelajaran membaca permulaan. Membaca permulaan adalah tahapan proses belajar membaca bagi peserta didik sekolah dasar kelas awal (Khususnya kelas I). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini memiliki ciri khusus yakni tujuannya untuk mendeskripsikan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan realita yang ada di lapangan tentang upaya guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas 1 SDN 5 Manggeng. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti bersama dengan guru kelas I di SD Negeri 5 Manggeng. Kelas I mempunyai 23 orang peserta didik diantaranya 10 orang dari peserta didik belum bisa membaca tetapi peserta didik telah mampu membedakan simbol-simbol huruf vokal dan konsonan, kemudian terdapat 6 orang peserta didik yang belum lancar membaca namun peserta didik telah mampu membedakan kata yang memiliki huruf awal yang sama dan peserta didik telah mampu membedakan kata yang memiliki suku kata awal yang sama. Sedangkan peserta didik yang mampu membaca dengan baik dan lancar terdapat 7 orang peserta didik, mereka sudah mampu untuk menyusun suku kata menjadi sebuah kata yang sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru harus memiliki upaya yang ekstra untuk menghadapi kendala dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik di kelas I.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Nilam Sari Nilam
Date Deposited: 16 Aug 2023 09:39
Last Modified: 16 Aug 2023 09:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30804

Actions (login required)

View Item
View Item