Pengembangan Media Papan Kantong Pintar Flash Card Dalam Pembelajaran Tematik Kelas II SD Negeri 5 Babahrot Aceh Barat Daya

Wira Farhah, 190209053 (2023) Pengembangan Media Papan Kantong Pintar Flash Card Dalam Pembelajaran Tematik Kelas II SD Negeri 5 Babahrot Aceh Barat Daya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Papan Kantong Pintar Flash Card Dalam Pembelajaran Tematik Kelas II SD Negeri 5 Babahrot Aceh Barat Daya] Text (Pengembangan Media Papan Kantong Pintar Flash Card Dalam Pembelajaran Tematik Kelas II SD Negeri 5 Babahrot Aceh Barat Daya)
skripsi wira farhah cetak wisuda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembalajaran dan guru cenderung menggunakan buku cetak sebagai panduan dalam pembelajaran. Proses pembelajaran memerlukan media pembelajaran agar lebih menyenangkan, dan materi yang diajarkan tersampaikan kepada peserta didik.Metode penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah 1. Untuk mengetahui bagaimana desain media papan kantong pintarflash card(pakapin Flash Card) dalampembelajaran tematik di kelas II, 2. Mengetahui bagaimana penerapan media pakapin Flash Card dalam pembelajaran tematik dan 3. Mengetahuikelayakan media pakapin Flash Card dalam tematik yang peneliti kembangkan. Kelayakan media pakapin Flash Card dalam pembelajaran tematik di kelas II SDN 05 Babahrot Aceh Barat Daya, memperoleh hasil validasi dari validator ahli, yaitu ahli media 98% dan ahli materi 80 %. Hasil respon guru diperoleh hasil 100%, respon siswa dengan melakukan wawancara kepada 12 siswa. Para siswa berpendapat bahwa dengan menggunakan media pakapin Flash Card proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, siswa menjadi lebih bersemangat dan lebih memahami materi yang diajarkan dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian adalah desain media berwarna hitam dan kantong hijau. Penerapannya siswa secara acak maju untuk menempelkan kartu huruf pada media sesuai dengan kartu gambar yang didapatkannya. Kelayakan media pakapin Flash Card 89% dengan kategori sangat layak untuk di terapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wira Farhah Wira
Date Deposited: 16 Aug 2023 09:38
Last Modified: 16 Aug 2023 09:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30806

Actions (login required)

View Item
View Item