Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kematangan Karir Siswa MAN 4 Aceh Besar

Syifa Qurrati Safra, 170213001 (2023) Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kematangan Karir Siswa MAN 4 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kematangan Karir Siswa MAN   4 Aceh Besar] Text (Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kematangan Karir Siswa MAN 4 Aceh Besar)
syifa Qurrati Safra, 170213001, Fak Tarbiyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Efikasi memegang peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, seseorang akan mampu menggunakan potensi dirinya secara optimal apabila efikasi diri mendukungnya. Salah satu aspek kehidupan yang dipengaruhi oleh efikasi diri adalah prestasi. Kemudian, Kematangan karir salah satu yang berhubungan dengan efikasi diri. Kematangan karir ditandai dengan adanya kesesuaian antara perilaku karir yang diperlihatkan individu dengan perilaku karir yang seharusnya dilakukan atau diharapkan pada rentang usia perkembangan tertentu (tahap perkembangan karir yang sedang dihadapi individu). Penelitian bertujuan untuk meneliti hubungan anatara efikasi diri dengan kematangan karir siswa MAN 4 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah desain kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas XI MAN 4 Aceh Besar yang dipilih secara acak yang berjumlah 60, sampel penelitian berjumlah 30 siswa pemilihan teknik menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada siswa kelas XI MIA 1, XI IS dan XI IAG MAN 4 Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukkan hubungan anatara efikasi diri dengan kematangan karir siswa, tidak memilki signifikansi antar efikasi diri dengan kematangan karir pada siswa MAN 4 Aceh Besar memperoleh nilai sebesar 0,006 dengan indeks korelasi product moment person 0,351. Berdasarkan hasil penelitian maka ditemukan bahwa lemahnya hubungan antara efikasi diri dengan kematangan karir siswa kelas XI MAN 4 Aceh Besar, dikarenakan kurangnya pemahaman efikasi diri pada siswa kelas XI MAN 4 Aceh Besar untuk bisa diterapkan dalam hubungan efikasi diri dengan kematangan karir siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Syifa Qurrati Safra
Date Deposited: 16 Aug 2023 09:39
Last Modified: 16 Aug 2023 09:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30808

Actions (login required)

View Item
View Item