Respon Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassica juncea L.) dengan Penambahan Arang Sekam pada Media Tanam Serbuk Gergaji

Putri Asyifa, 180703065 (2023) Respon Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassica juncea L.) dengan Penambahan Arang Sekam pada Media Tanam Serbuk Gergaji. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Respon Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassica juncea L.) dengan Penambahan Arang Sekam pada Media Tanam Serbuk Gergaji] Text (Respon Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassica juncea L.) dengan Penambahan Arang Sekam pada Media Tanam Serbuk Gergaji)
Skripsi Putri Asyifa (180703065).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan media tanam seperti tanah yang baik semakin berkurang, maka diperlukan media alternatif berupa serbuk gergaji dan arang sekam yang ketersediaanya tinggi di lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan tanaman sawi (Brassica juncea L.) dan perbandingan yang optimum dengan penambahan arang sekam pada media tanam serbuk gergaji. Penelitian ini dilaksanakan di Greenhouse Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry pada bulan Oktober sampai November 2022 dengan menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial 4 perlakuan dengan 5 pengulangan yaitu P0 = Serbuk Gergaji (1 : 0), P1 = Serbuk Gergaji + Arang Sekam (1 : 1), P2 = Serbuk Gergaji + Arang Sekam (1 : 2), dan P3 = Serbuk Gergaji + Arang Sekam (1 : 3). Analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS (One Way ANOVA) versi 26 jika berpengaruh nyata maka dilanjutkan uji Duncan New Multiple Range Test pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan tanaman sawi (Brassica juncea L.) menggunakan media tanam serbuk gergaji dan arang sekam berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman 7 HST. Tidak berpengaruh nyata terhadap luas daun, jumlah daun, berat basah, dan berat kering tanaman sawi. Sedangkan pengujian kandungan klorofil tanaman sawi berpengaruh nyata pada perlakuan P1 = serbuk gergaji + arang sekam (1 : 1) dan distribusi stomata berpengaruh nyata pada perlakuan P1 = serbuk gergaji + arang sekam (1 : 1) pada bagian epidermis atas dengan jenis stomata yaitu parasitik. Perbandingan media tanam serbuk gergaji dan arang sekam yang optimum terhadap tanaman sawi (Brassica juncea L.) terdapat pada perlakuan P1 = serbuk gergaji + arang sekam (1 : 1).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 575 Bagian Spesifik dan sistem Fisiologi Pada Tumbuhan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Putri Asyifa Asyifa
Date Deposited: 15 Aug 2023 10:16
Last Modified: 15 Aug 2023 10:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30809

Actions (login required)

View Item
View Item