Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Di DesaTanjong ‎Selamat, Aceh Besar

Nura Rahmayani, 170201070 (2023) Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Di DesaTanjong ‎Selamat, Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Di DesaTanjong ‎Selamat, Aceh Besar] Text (Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Di DesaTanjong ‎Selamat, Aceh Besar)
Nura Rahmayani, 170201070, FTK, PAI, 082191442902.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (978kB)

Abstract

Gadget adalah sebuah benda (alat atau barang eletronik) teknologi ‎kecil yang memiliki fungsi khusus yang digunakan sebagai media ‎berkomunikasi dengan orang lain atau menelpon, mengirim pesan, ‎email, foto selfie atau memfoto objek lain, dan berbagai jenis aplikasi ‎yang lainnya. Terdapat banyak anak-anak yang masih berusia dini ‎difasilitasi gadget oleh orang tuanya baik untuk ilmu pengetahuan ‎maupun kesenangan. Penggunaan gadget pada anak usia dini akan ‎memberikan dampak baik positif maupun negatif. Adapun rumusan ‎masalah dalam penelitian ini adalah bentuk penggunaan gadget dan ‎dampak penggunaan gadget pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini ‎adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk penggunaan gadget dan ‎dampak positif maupun negatif dari penggunaan gadget pada anak ‎usia dini di desa Tanjong Selamat Aceh Besar. Penelitian ini bersifat ‎kualitatif deskriptif dengan metode penelitian menggunakan ‎wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ‎bentuk penggunaan gadget pada anak usia dini yaitu sebagai media ‎pembelajaran dan juga sebagai hiburan. Sebagian besar anak usia dini ‎meghabiskan waktu menggunakan gadget sebagai sarana hiburan. ‎Jenis gadget yang sering digunakan berupa smartphone. Adapun bentuk ‎penggunan gadget pada anak usia dini dari segi aplikasi yang sering ‎digunakan yaitu aplikasi hiburan seperti youtube, tiktok, dan juga game ‎online. Sedangkan dari segi durasi penggunaan gadget, anak usia dini di ‎desa Tanjong Selamat lebih banyak menghabiskan waktu bermain ‎gadget tanpa adanya batasan waktu yang ditetapkan oleh orang ‎tuanya. Adapun dampak positif nya yaitu dapat menambah wawasan, ‎meningkatkan keaktifan serta kreativitas pada anak dan sebagai ajang ‎hiburan. Sedangkan dampak negative kecanduan terhadap gadget, ‎kurangnya interaksi sosial pada anak usia dini serta menimbulkan ‎gangguan kesehatan. ‎

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nura Rahmayani Nura
Date Deposited: 15 Aug 2023 09:59
Last Modified: 15 Aug 2023 09:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30815

Actions (login required)

View Item
View Item