Potensi Wakaf Produktif Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Umat (Studi di Masjid Darul Huda Bambi Kecamatan Peukan Baro,Kabupaten Pidie)

Muhammad Rijal, 190602105 (2023) Potensi Wakaf Produktif Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Umat (Studi di Masjid Darul Huda Bambi Kecamatan Peukan Baro,Kabupaten Pidie). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Wakaf Produktif, Kemakmuran Masjid, Pemberdayaan Ekonomi Umat] Text (Wakaf Produktif, Kemakmuran Masjid, Pemberdayaan Ekonomi Umat)
Muhammad Rijal, 190602105, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Wakaf produktif memiliki peran penting untuk meningkatkan kualitas pembangunan perekonomian, khususnya melalui perbaikan sosial dan ekonomi. Namum pengelolaan wakaf masih belum mampu dilaksanakan, sehingga peranan wakaf produktif bagi pembangunan perekonomian masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat potensi wakaf produktif dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi umat di Masjid Darul Huda, Kecamatan Peukan Baro, Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan mewawancarai Nazhir Wakaf, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua Badan Kemakmuran Masjid, Masyarakat, dan Akademisi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengelolaan wakaf produktif masih dalam tahap pengembangan dikarenakan belum adanya badan khusus yang mengelola secara maksimal walaupun ada pengelola dari Badan Kemakmuran Masjid (BKM) bidang aset wakaf. Hasil wakaf produktif masih dikatakan sedikit dengan pertimbangan masih banyak tanah-tanah yang kosong dikarenakan kurangnya dana pembangunan dan tenaga pengelola yang belum mencapai tingkat profesional, oleh karena itu perlu diadakan pelatihan-pelatihan dan kebijakan dari pemerintah maupun kepanitian wakaf di Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Darul Huda terkait pengelolaan dan pengembangan secara profesionalisme terkait hasil wakaf produktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Rijal Rijal
Date Deposited: 15 Aug 2023 10:12
Last Modified: 15 Aug 2023 10:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30816

Actions (login required)

View Item
View Item