Pengaruh Penggunaan Perbandingan Serbuk Gergaji Kombinasi Arang Sekam Dan Kompos Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rappa L.)

Cut Novia Indriyanti, 180703060 (2023) Pengaruh Penggunaan Perbandingan Serbuk Gergaji Kombinasi Arang Sekam Dan Kompos Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rappa L.). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Perbandingan Serbuk Gergaji Kombinasi Arang Sekam Dan Kompos Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rappa L.)] Text (Pengaruh Penggunaan Perbandingan Serbuk Gergaji Kombinasi Arang Sekam Dan Kompos Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rappa L.))
Cut Novia Indriyanti (180703060) upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan media tanam Serbuk gergaji Kombinasi Arang sekam dan kompos serta komposisi media tanam yang optimum terhadap pertumbuhan tanaman Pakcoy (Brassica rappa L.). Penelitian ini menggunakan metode RAL (Rancangan Acak Lengkap) yang terdiri dari 7 perlakuan dan 3 pengulangan sehingga didapatkan 21 sampel. Penelitian ini terdiri dari 2 faktor perlakuan yaitu faktor pertama perlakuan media tanam serbuk gergaji kombinasi arang sekam yaitu Kontrol (serbuk gergaji), A1 (serbuk gergaji + arang sekam) (1:1), A2 (serbuk gergaji + arang sekam) (1:2), A3 (serbuk gergaji + arang sekam) (2:1). Factor kedua yaitu perlakuan media tanam serbuk gergaji kombinasi kompos yaitu K1 (serbuk gergaji + kompos) (1:1), K2 (serbuk gergaji + kompos) (1:2), K3 (serbuk gergaji + kompos) (2:1). Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah helaian daun, luas daun, berat basah, berat kering, distribusi stomata dan klorofil. Data yang diperoleh dianalisis dengan ANOVA dan dilanjutkan dengan DMRT (Duncan Multiple Range Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media tanam serbuk gergaji kombinasi arang sekam menghasilkan pertumbuhan yang optimum dibandingkan dengan penggunaan media tanam serbuk gergaji dan kompos. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa perlakuan Perbandingan komposisi media tanam yang optimum yaitu pada perlakuan A3 yang mana meliputi kombinasi media tanam serbuk gergaji dan arang sekam dengan perbandingan (2:1). Hasil uji analisis ANOVA pada perlakuan media tanam serbuk gergaji kombinasi arang sekam menunjukkan tidak signifikan pada parameter tinggi tanaman, luas daun, berat kering, dan jumlah helaian daun namun pada jumlah helaian daun menunjukkan adanya signifikan ketika 28 HST sedangkan untuk berat basah terdapat signifikan. Pada perlakuan serbuk gergaji kombinasi kompos tidak menunjukkan adanya signifikan pada hasil uji ANOVA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Cut Novia Indriyanti Cut
Date Deposited: 15 Aug 2023 10:13
Last Modified: 15 Aug 2023 10:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30817

Actions (login required)

View Item
View Item