Peran Tokoh Agama dalam Pembinaan Keagamaan pada Masyarakat di Desa Silo Bonto, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara

Parulian Akbar Hutagalung, 190201130 (2023) Peran Tokoh Agama dalam Pembinaan Keagamaan pada Masyarakat di Desa Silo Bonto, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Tokoh Agama dalam Pembinaan Keagamaan pada Masyarakat di Desa Silo Bonto, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara] Text (Peran Tokoh Agama dalam Pembinaan Keagamaan pada Masyarakat di Desa Silo Bonto, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara)
PARULIAN HUTAGALUNG PAI - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Peran tokoh agama Islam dalam pembinaan keagamaan pada masyarakat sangat penting, dikarenakan tokoh agamalah yang terus mengajarkan tentang agama Islam kepada masyarakat, karena berdiri tegaknya ajaran agama Islam dilingkungan masyarakat itu dikarenakan tokoh agama. Masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana pengetahuan agama Islam pada masyarakat di Desa Silo Bonto?; 2) Bagaimana peran tokoh agama Islam dalam melakukan pembinaan keagamaan pada masyarakat di Desa Silo Bonto?; 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat tokoh agama Islam dalam melakukan pembinaan keagamaan pada masyarakat di Desa Silo Bonto?. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa yang pertama pendidikan agama Islam masyarakat di Desa Silo Bonto Kabupaten Asahan Sumatera Utara tergolong kurang baik, kurangnya motivasi, keterbatasan ilmu serta kurangnya perhatian orang tua terhadap pendidikan agama anak. Kedua peran tokoh agama Islam dalam membina pendidikan agama Islam pada masyarakat belum sepenuhnya berperan dengan baik. Ketiga; faktor pendukung: adanya bantuan dari pemerintah desa dan membentuk BKM Masjid, faktor penghambat: kesulitan masyarakat dalam membagi waktu antara bekerja dan mengikuti program keagamaan. Kesimpulan Peran Tokoh Agama Islam dalam Pembinaan Keagamaan pada Masyarakat di Desa Silo Bonto, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara Belum berjalan dengan baik, maka pemahaman agama pada masyarakat menjadi rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Parulian Akbar Hutagalung Akbar
Date Deposited: 16 Aug 2023 09:51
Last Modified: 16 Aug 2023 09:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30818

Actions (login required)

View Item
View Item