Persepsi Keadilan Remunerasi dalam Perspektif Stakeholders Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

Azharsyah Ibrahim, 2012117801 (2023) Persepsi Keadilan Remunerasi dalam Perspektif Stakeholders Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. In: Persepsi Keadilan Remunerasi dalam Perspektif Stakeholders Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Universitas Islam Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Persepsi Keadilan Remunerasi dalam Perspektif Stakeholders Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri] Text (Persepsi Keadilan Remunerasi dalam Perspektif Stakeholders Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)
LP_P3T_2019-Azharsyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk memahami persepsi keadilan remunerasi dalam perspektif stakeholders di beberapa PTKIN terpilih. Secara khusus, kajian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keadilan distributif dan prosedural remunerasi di PTKIN dimaksud. Responden penelitian ini adalah penerima manfaat dan pengambil kebijakan remunerasi dari 13 PTKIN BLU yang sudah menerapkan dan membayar remunerasi pada saat penelitian ini dilakukan. Data lainnya didapat dari wawancara dengan sembilan narasumber dari sisi pengambil kebijakan dari berbagai PTKIN BLU terpilih. Data penelitian dianalisis menggunakan metode deskriptif persentase dengan langkah-langkah tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum responden penelitian mempersepsikan bahwa penerapan remunreasi di PTKIN tempat mereka bekerja sudah masuk dalam kategori adil, tetapi dengan berbagai catatan perbaikan. Secara parsial, responden mempersepsikan keadilan prosedural masuk ke kategori “cenderung adil”, sedangkan untuk keadilan distributif masuk ke dalam kategori “adil”. Hal ini menunjukkan bahwa dari sisi prosedur, PTKIN BLU masih harus bekerja lebih keras untuk memenuhi rasa keadilan, sedangkan dari sisi distribusi sudah lebih memberikan rasa keadilan sebagaimana dipersepsikan oleh sebagian besar responden.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:59
Last Modified: 07 Nov 2023 08:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30819

Actions (login required)

View Item
View Item