Evaluasi Implementasi Aplikasi Sistem Pembelajaran Virtual (VLE) di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Rahmat Yusny, 2019128001 Evaluasi Implementasi Aplikasi Sistem Pembelajaran Virtual (VLE) di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. In: Evaluasi Implementasi Aplikasi Sistem Pembelajaran Virtual (VLE) di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Universitas Islam Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Evaluasi Implementasi Aplikasi Sistem Pembelajaran Virtual (VLE) di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Evaluasi Implementasi Aplikasi Sistem Pembelajaran Virtual (VLE) di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
LP_P3T_2019-Rahmat Yusny.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tuntutan kemahiran dalam mengaplikasikan teknologi pada kualifikasi berbasis KKNI untuk lulusan perguruan tinggi (PT) di Indonesia telah memacu Kemenristekdikti untuk mempromosikan penyelenggaran kegiatan akademik dengan menggunakan pembelajaran-daring baru-baru ini. Berbeda dengan PT di luar negeri yang sudah lama menggunakan Virtual Learning Environment (VLE, sering disebut sebagai LMS/e- learning), Indonesia masih pada tahap awal pengadopsian. Walaupun banyak studi yang dilakukan di Indonesia, mayoritas menganalisa implementasi di tingkat kelas, bukan di tingkat institusi dan cenderung mengemphasis pada aspek teknologinya. Penelitian ini adalah penelitian developmental yang memfokuskan kepada sinergitas unit-unit di perguruan tinggi untuk siap mengadopsi penggunaan VLE termasuk dengan merancang support center untuk implementasi ini. Sebanyak 10 dosen didampingi untuk menggunakan VLE dengan Canvas dan +300 mahasiswa didampingi untuk mengikuti kelas tersebut. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi model untuk mensinergikan Lembaga penjaminan mutu PT, pelaksanaan akademik, dan penyediaan IT universitas karena penggunaan VLE tidak hanya bertujuan mahasiswa untuk mahir berteknologi namun juga menciptakan pengalaman belajar bidangnya yang lebih bermakna, mengesankan, dan aplikatif.

Item Type: Book Section
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:00
Last Modified: 07 Nov 2023 09:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30828

Actions (login required)

View Item
View Item