Pengaruh Jumlah Uang Beredar, Suku Bunga Dan Nilai Tukar Terhadap Inflasi Di Indonesia

M.Sahal, 170604006 (2023) Pengaruh Jumlah Uang Beredar, Suku Bunga Dan Nilai Tukar Terhadap Inflasi Di Indonesia. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Jumlah Uang Beredar, Suku Bunga Dan Nilai Tukar Terhadap Inflasi Di Indonesia] Text (Pengaruh Jumlah Uang Beredar, Suku Bunga Dan Nilai Tukar Terhadap Inflasi Di Indonesia)
M. Sahal, 170604006, FEBI, IE, 081365425509.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang stabil dan optimal menjadi kunci bagi negara dalam melanjutkan pembangunan dan memberikan pelayanan yang baik bagi rakyatnya. Oleh karena itu, upaya untuk mencapai pertumbuhan dan kestabilan ekonomi harus diutamakan. Inflasi, sebagai peristiwa moneter penting, hadir di hampir semua negara di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh jumlah uang beredar, suku bunga, dan nilai tukar terhadap inflasi dalam jangka pendek dan jangka panjang. Data times series bulanan dari tahun 2016 hingga 2022 dianalisis menggunakan metode peramalan VECM. Hasil estimasi menunjukkan bahwa variabel JUB dan Nilai Tukar mempengaruhi inflasi secara positif dalam jangka pendek dan panjang. Kenaikan JUB dan Nilai Tukar berpotensi meningkatkan inflasi jangka pendek dan jangka panjang, berbeda dengan variabel suku bunga memiliki hasil negatif dalam jangka pendek dan panjang. peningkatan Suku Bunga cenderung menekan inflasi, mengindikasikan potensi kenaikan dan penekanan inflasi akibat perubahan variabel-variabel tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: JUB, Suku Bunga, Nilai Tukar, Inflasi, VECM
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: M. Sahal M. Sahal
Date Deposited: 16 Aug 2023 09:51
Last Modified: 16 Aug 2023 09:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30834

Actions (login required)

View Item
View Item