Pengembangan Nilai Karakter dan Kemampuan Literasi Mahasiswa Pada PTKIN di Aceh

Wati Oviana, 2018108101 (2023) Pengembangan Nilai Karakter dan Kemampuan Literasi Mahasiswa Pada PTKIN di Aceh. In: Pengembangan Nilai Karakter dan Kemampuan Literasi Mahasiswa Pada PTKIN di Aceh. Universitas Islam Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Nilai Karakter dan Kemampuan Literasi Mahasiswa Pada PTKIN di Aceh] Text (Pengembangan Nilai Karakter dan Kemampuan Literasi Mahasiswa Pada PTKIN di Aceh)
LP_P3T_2019-Wati Oviana.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan nilai karakter dan kemampuan literasi bagi mahasiswa merupakan suatu kewajiban bagi setiap lembanga pendidikan tinggi untuk memastikan tujuan pendidikan Nasional dapat terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan mendapatkan data tentang peran PTKIN Aceh dalam menumbuhkan nilai karakter dan kemampuan literasi mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan dengan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, observasi, dan FGD. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data dan verivikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran PTKIN dalam menumbuhkan nilai karakter dan kemampuan literasi mahasiswa telah dilakukan melalui perumusan visi dan misi, kurikulum, program, aturan serta pelaksanaan kegiatan perkuliahan yang berorientasi pada karakter dan literasi mahasiswa. Penanaman karakter dan literasi dalam kegitan perkuliahan masih dilakukan dengan cara beragam. Dalam tahap pelaksanaannya terdapat karakteristik yang sedikit berbeda diantara ketiga PTKIN yang diteliti.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:00
Last Modified: 07 Nov 2023 09:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30837

Actions (login required)

View Item
View Item