Pengaruh Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi Dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar

Muhammad Haikal, 180602091 (2023) Pengaruh Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi Dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi, Kemajuan Teknologi, Regresi Linear Berganda, Pasar Modal] Text (Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi, Kemajuan Teknologi, Regresi Linear Berganda, Pasar Modal)
Muhammad Haikal, 180602091, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Dalam perkembangan teknologi informasi dan ekonomi yang sangat pesat saat ini pasar modal sangat tidak asing bagi mahasiswa. Tetapi kurangnya kesadaran akan pentingnya investasi bagi masa depan menjadi permasalahan kurangnya investor (mahasiswa) dalam melakukan investasi di pasar modal. Pasar modal syariah secara sederhana merupakan suatu tempat atau sarana bertemunya antara permintaan dan penawaran atas instrumen keuangan jangka pendek dan jangka panjang.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi investasi, pengetahuan investasi dan kemajuan teknologi terhadap minat investasi di pasar modal syariah dengan subyek penelitian mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Pengujian hipotesis menggunakan metode uji keabsahan, analisis regresi linear berganda dan pengujian asumsi klasik. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling, dengan sampel yang diambil sebanyak 100 mahasiswa. Data yang digunakan adalah data primer atau data langsung yang bersumber dari mahasiswa yang berada dilokasi penelitian. Hasil penelitian ditemukan bahwa secara parsial motivasi investasi dan kemajuan teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa FEBI dalam berinvetasi di Pasar Modal Syariah, sedangkan variabel pengetahuan investasi tidak berpengaruh signifikan terhadap terhadap minat mahasiswa FEBI. Selanjutnya secara simultan seluruh variabel independen berpengaruh terhadap minat mahasiswa FEBI dalam berinvestasi di Pasar Modal Syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Haikal Haikal
Date Deposited: 16 Aug 2023 09:48
Last Modified: 16 Aug 2023 09:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30839

Actions (login required)

View Item
View Item