Interaksi Sosial Anak Asuh Berkepribadian Introvert Di UPTD Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe Desa Gue Gajah Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh

Miftahul Nadia Jannah, 180405011 (2023) Interaksi Sosial Anak Asuh Berkepribadian Introvert Di UPTD Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe Desa Gue Gajah Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Interaksi Sosial Anak Asuh Berkepribadian Introvert Di UPTD Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe  Desa Gue Gajah Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh] Text (Interaksi Sosial Anak Asuh Berkepribadian Introvert Di UPTD Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe Desa Gue Gajah Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh)
Miftahul Nadia Jannah, 180405011, FDK, KESOS, 085331531921.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Interaksi sosial anak asuh berkepribadian introvert di UPTD rumoh seujahtera aneuk nanggroe desa gue gajah kecamatan darul imarah kabupaten aceh besar provinsi aceh” dilatarbelakangi ketertarikan peneliti mengenai interaksi social anak asuh berkepribadian introvert di UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe Desa Gue Gajah Aceh Besar yang memiliki anak asuh dengan berbagai sifat dan karakter yang berbeda-beda. Begitu pula halnya dengan kepribadian dari masing-masing anak asuh yang ada disana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi anak asuh khususnya anak yang berkepribadian introvert di UPTD (Unit Pelaksana Tugas Dinas) Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe Desa Gue Gajah Aceh Besar serta apa yang menyebabkan anak asuh berkepribadian introvert ini sulit berinteraksi dengan orang lain dan bagaimana bentuk upaya yang diberikan panti asuhan selaku pemberi layanan untuk anak berkepribadian introvert tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi anak asuh berkepribadian introvert di panti asuhan Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe tersebut belum dapat dikatakan baik, dilihat dari kurangnya hubungan kedekatan baik dengan teman , pengasuh, maupun karyawan.baik. Penyebab anak berkepribadian introvert ini sulit berinteraksi dengan sesama teman, pengasuh, maupun karyawan ialah karena dilatar belakangi oleh kurangnya kasih sayang dari kedua orang tua, masalah yang pernah mereka alami, kurangnya pendekatan dari pengasuh, rasa trauma akibat masalah yang pernah di alami oleh anak asuh tersebut. Bentuk upaya yang panti asuhan lakukan guna untuk meningkatkan masalah interaksi pada anak berkepribadian introvert. dengan adanya program public speaking ini diharapkan anak lebih memiliki kepercayaan diri yang tinggi, anak dapat leluasa dalam mengeskpresikan diri dan mengekplorasi lingkungan sosialnya. Ini merupakan bentuk upaya yang dilakukan UPTD (Unit Pelaksana Tugas Dinas) Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe Desa Gue Gajah Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miftahul Nadia Jannah
Date Deposited: 16 Aug 2023 09:45
Last Modified: 16 Aug 2023 09:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30842

Actions (login required)

View Item
View Item