Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Ekskresi Di MTsN 8 Aceh Besar

Susani Masturah, 190207048 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Ekskresi Di MTsN 8 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe  Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Ekskresi Di MTsN 8 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Ekskresi Di MTsN 8 Aceh Besar)
Susani Masturah, 190207048, FTK, PBL, 082370783473 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa di MTsN 8 Aceh Besar, faktor yang mempengaruhi adalah model pembelajaran yang guru ajarkan harus selaras dengan materi yang akan diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Numbered Heads Together pada Materi Sistem Ekskresi dikelas VIII MTsN 8 Aceh Besar. Rancangan penelitian ini menggunakan metode quasi experimen dengan desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 134 siswa yang terdiri atas 4 kelas yaitu kelas VIII-1 berjumlah 33 siswa, VIII-2 berjumlah 32 siswa, VIII-3 berjumlah 34 siswa, dan VIII-4 berjumlah 33 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini setelah dipilih secara purposive sampling yaitu siswa kelas VIII-1 berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-4 berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar soal-test. Analisis data aktivitas menggunakan rumus presentase sedangkan data hasil belajar menggunakan rumus N-gain dan melakukan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata presentase aktivitas belajar siswa dikelas eksperimen sebesar 84 dengan kategori sangat bagus dan dikelas kontrol sebesar 68 dengan kategori bagus, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa dikelas eksperimen yaitu 83 dengan N-gain 0,5 kriteria sedang dan dikelas kontrol sebesar 65 dengan N-gain 0,4 dengan kriteria sedang. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (thitung 4,637 ≥ ttable 1,99773) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di MTsN 8 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Susani Masturah
Date Deposited: 16 Aug 2023 09:51
Last Modified: 16 Aug 2023 09:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30843

Actions (login required)

View Item
View Item