Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pada Materi Pola Bilangan Di MTsN 1 Banda Aceh

Cut Meiza Saputri, 170205054 (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pada Materi Pola Bilangan Di MTsN 1 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pada Materi Pola Bilangan Di MTsN 1 Banda Aceh] Text (Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pada Materi Pola Bilangan Di MTsN 1 Banda Aceh)
Cut Meiza Saputri, 170205054, FTK, PMA .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa. Berpikir kreatif adalah kemampuan memandang masalah dari banyak sudut pandang dan menyelesaikannya dengan beraneka cara. Kemampuan berpikir kreatif dapat dikembangkan melalui pemberian soal terbuka (open ended), termasuk pada materi pola bilangan. Kemampuan ini berperan penting dalam memecahkan masalah dengan berbagai alternatif solusi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika. Namun kenyatan di sekolah, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa beragam dan guru tidak terbiasa memberikan siswa soal yang bersifat terbuka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek sebanyak 3 siswa. Subjek dipilih berdasarkan hasil tes awal pada siswa kelas VIII-11 MTsN 1 Banda Aceh yang dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, soal tes dan wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi waktu, STKBK II dilaksanakan 3 hari setelah pelaksanaan STKBK I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan kemampuan berpikir kreatif kategori tinggi memenuhi keempat indikator, yaitu fluency, flexibility, elaboration, dan originality; (2) Siswa dengan kemampuan berpikir kreatif kategori sedang hanya memenuhi 2 indikator, yaitu fluency dan elaboration; dan (3) Siswa dengan kemampuan berpikir kreatif kategori rendah tidak memenuhi satupun indikator, yaitu fluency, flexibility, elaboration, dan originality.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Cut Meiza Saputri
Date Deposited: 16 Aug 2023 09:52
Last Modified: 16 Aug 2023 09:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30844

Actions (login required)

View Item
View Item