Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)

Ina Fahiza, 170205053 (2023) Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)] Text (Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL))
Ina Fahiza, 170205053, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB)

Abstract

Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika. Namun, fakta menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa masih rendah, sehingga dibutuhkan suatu strategi pembelajaran sebagai alternatif yang dapat digunakan untuk menjadikan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa menjadi lebih baik, salah satunya dengan menggunakan pendekatan CTL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika melalui pendekatan CTL. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian one grup pre-test and post-test design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII-3 sebanyak 24 orang yang dipilih secara random sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan tes kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa. Dengan menggunakan paired sample t-test diperoleh t_tabel sebesar 1,71 dan t_hitung sebesar 52,299 yang berarti t_hitung>t_tabel, hal ini berarti tolak H0 terima H1 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa melalui pendekatan CTL.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ina Fahiza
Date Deposited: 16 Aug 2023 09:52
Last Modified: 16 Aug 2023 09:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30852

Actions (login required)

View Item
View Item