Pengelolaan Objek Wisata Air Terjun Suhom Dalam Mengembangkan Usaha Masyarakat Gampong Tunong Krueng Kala Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar

Islahuddin, 180403027 (2023) Pengelolaan Objek Wisata Air Terjun Suhom Dalam Mengembangkan Usaha Masyarakat Gampong Tunong Krueng Kala Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Pengelolaan Objek Wisata Air Terjun Suhom Dalam Mengembangkan Usaha Masyarakat Gampong Tunong Krueng Kala Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar] Text (Pengelolaan Objek Wisata Air Terjun Suhom Dalam Mengembangkan Usaha Masyarakat Gampong Tunong Krueng Kala Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar)
Islahuddin, 180403027, FDK, MD, 082368392535.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengelolaan Objek Wisata Air Terjun Suhom Dalam Rangka Mengembangkan Usaha Masyarakat Gampong Krueng Kala Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar”. Pengelolaan objek wisata merupakan suatu proses yang berkesinambungan buat melakukan pencocokan dan penyesuaian yang terus menerus antara sisi penawaran dan permintaan kepariwisataan yang tersedia buat mencapai misi yang sudah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pengelolaan objek wisata air terjun suhom dalam mengembangkan usaha masyarakat dan untuk melihat dukungan dan hambatan pada pengelolaan objek wisata air terjun suhom. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dengan tahapan pengumpulan data, disusun dan disajikan yang kemudian dianalisa untuk mengungkapkan arti tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan objek wisata air terjun suhom dalam rangka mengembangakan usaha masyarakat gampong krueng kala kecamatan lhoong kabupaten aceh besar adalah penelolaan wisata air terjun suhom sudah dikategorikan baik, pengurus IPOKAL dan para pemuda tunong krueng kala melakukan beberapa pengorganisasian, seperti juru parkir, pengambilan uang tiket, dan pengontrol ketertiban penjual di sekitar air terjun. Sedangkan faktor pendukung adalah adanya dukungan penuh dari tokoh masyarakat terhadap pengembangan usaha masyarakat yang ada di wisata air terjun suhom serta promosi tempat wisata, dan faktor penghambat adalah cuaca yang sering kali tak menentu dan tidak dapat diprediksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Islahuddin Islahuddin
Date Deposited: 16 Aug 2023 09:52
Last Modified: 16 Aug 2023 09:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30853

Actions (login required)

View Item
View Item