Analisis Dan Desain Jaringan Wireless Pada Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Menggunakan Wireshark Dan Packet Tracer

Maulidia, 180212004 (2023) Analisis Dan Desain Jaringan Wireless Pada Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Menggunakan Wireshark Dan Packet Tracer. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Dan Desain Jaringan Wireless Pada Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Menggunakan Wireshark Dan Packet Tracer] Text (Analisis Dan Desain Jaringan Wireless Pada Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Menggunakan Wireshark Dan Packet Tracer)
Maulidia, 180212004, FTK, PTI, 081396866152.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan memiliki jaringan internet Wireless Local Area Network (WLAN) dengan kapasitas kecepatan 50 Mbps. berdasarkan hasil wawancara yang telah penulis lakukan, diketahui bahwa koneksi internet tidak stabil karena banyaknya pengguna yang terhubung ke jaringan wireless secara bersamaan. Selain itu, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan belum pernah melakukan pengukuran parameter Quality of Service (QoS) untuk mengetahui kualitas kinerja jaringan apakah jaringan wireless dalam kondisi bagus atau sebaliknya. Dengan mengukur parameter Packet Loss, Delay, Troughput dan Jitter, maka penulis mengambil judul Analisis dan Desain Jaringan Wireless Pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Menggunakan Wireshark dan Packet Tracer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah jaringan wireless berada dalam kondisi baik–baik saja atau sebaliknya dengan menggunakan metode analisis Quality of Service dengan parameter QoS (troughput, delay, packet loss dan jitter) dan menggunakan software analisis jaringan yaitu Wireshark. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian eksperiment dan kuantitatif. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa parameter QoS dengan nilai rata-rata troughput 44.168 bps, nilai rata-rata packet loss 0,0005%, nilai rata-rata delay 35,2 ms dan jitter 35,04 ms berdasarkan standar TIPHON dan masuk dalam kategori "Sangat" dan "Bagus". Hal ini menunjukkan bahwa kualitas layanan jaringan pada Fakultas Tarbiyah telah memenuhi standar yang tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Maulidia Maulidia
Date Deposited: 16 Aug 2023 09:44
Last Modified: 16 Aug 2023 09:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30856

Actions (login required)

View Item
View Item