Tata Kelola Retribusi Persampahan di Gampong Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh

Santi Wardani, 160802039 (2023) Tata Kelola Retribusi Persampahan di Gampong Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tata Kelola Retribusi Persampahan di Gampong Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh] Text (Tata Kelola Retribusi Persampahan di Gampong Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh)
Santi Wardani, 160802039, FISIP, IAN, 085260356911.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Persoalan sampah di Indonesia sampai sekarang masih menjadi permasalahan nasional, yang belum diselesaikan sepenuhnya melalui suatu tata kelola sampah ramah lingkungan. Upaya yang dapat dilakukan pemerintah dalam pengelolaan sampah salah satunya yaitu dengan menerapkan retribusi persampahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tata kelola retribusi di gampong Rukoh kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh dan untuk mengetahui hambatan tata kelola retribusi persampahan di gampong Rukoh kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata kelola retribusi persampahan di gampong Rukoh kecamatan Syiah Kuala cukup baik, hal itu tidak terlepas dari dukungan pihak gampong dengan menyediakan petugas khusus untuk mengutip sampah dengan menggunakan becak dengan tarif yang telah ditetapkan sesuai dengan Qanun No.5 tahun 2017 dan faktor penghambat yang mempengaruhi penerapan retribusi pelayanan sampah/ kebersihan yaitu lemahnya pengawasan dan partisipasi masyarakat, kurangnya kesadaran masyarakat dan lemahnya pengawasanpelanggaran terkait pembuangan sampah sembarangan yang dilakukan oleh masyarakat itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tata Kelola, Retribusi, Sampah.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Santi Wardani
Date Deposited: 16 Aug 2023 09:45
Last Modified: 16 Aug 2023 09:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30860

Actions (login required)

View Item
View Item