Penggunaan Video Dubbing dengan Metode Hiwar untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa di Pesantren Zainatul Ulum Diniyah Islamiyah Meulaboh Aceh Barat. (Penelitian Eksperimen dan Survei di SMP Islam Zainatul Ulum)

Fitria Rusda Amar, 211004017 (2023) Penggunaan Video Dubbing dengan Metode Hiwar untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa di Pesantren Zainatul Ulum Diniyah Islamiyah Meulaboh Aceh Barat. (Penelitian Eksperimen dan Survei di SMP Islam Zainatul Ulum). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Video Dubbing dengan Metode Hiwar untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa di Pesantren Zainatul Ulum Diniyah Islamiyah Meulaboh Aceh Barat. (Penelitian Eksperimen dan Survei di SMP Islam Zainatul Ulum)] Text (Penggunaan Video Dubbing dengan Metode Hiwar untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa di Pesantren Zainatul Ulum Diniyah Islamiyah Meulaboh Aceh Barat. (Penelitian Eksperimen dan Survei di SMP Islam Zainatul Ulum))
Tesis Fitria Rusda Amar-211004017.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB)

Abstract

Pesantren Zainatul Ulum Diniyah Islamiyah adalah salah satu pesantren di Meulaboh yang mengajarkan Bahasa Arab kepada para siswanya. Semua siswa harus berbicara Bahasa Arab di pesantren. Namun pada kenyataannya, sebagian besar siswa kurang antusias dalam mempelajari Bahasa Arab dan sebagian dari mereka juga belum bisa berbahasa Arab. Hal ini terjadi karena metode pengajarannya kurang beragam. Dan guru kurang menggunakan metode yang menyenangkan dalam pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar. Terutama dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian eksperimen dan survei. Sedangkan untuk populasi dalam penelitian ini peneliti mengambil seluruh siswa kelas 1 SMP yang berjumlah 155 siswa, dan seluruh siswa dijadikan sampel. Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini diketahui bahwa penggunaan video dubbing dalam metode hiwar meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini menunjukkan bahwa T-test (63,45) dan (Sig) 0,000<0,05 sehingga terdapat perbedaan hasil sebelum dan sesudah menggunakan video dubbing. Selain hasil tersebut, diketahui bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Adapun respon siswa terhadap indikator yang sudah baik diantaranya pada nomor 1, 12, 14, 6, 10, 2, dan 11. Oleh karena itu , indikator ini harus dipertahankan. Dan indikator yang perlu diperbaiki adalah di nomor 15, 8, 4, 13, 9, 7, 5, dan 3.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.1 Organisasi dan Aktivitas pada Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fitria Rusda Amar
Date Deposited: 16 Aug 2023 09:46
Last Modified: 16 Aug 2023 09:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30866

Actions (login required)

View Item
View Item