Perancangan Islamic Center di Aceh Selatan (Pendekatan Extending Tradition )

Gusnadi Dermawan, 160701041 (2022) Perancangan Islamic Center di Aceh Selatan (Pendekatan Extending Tradition ). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Wadah Masyarakat, Islamic Center, Aceh Selatan, Arsitektur Regionalisme, Arsitektur Islam] Text (Wadah Masyarakat, Islamic Center, Aceh Selatan, Arsitektur Regionalisme, Arsitektur Islam)
Gusnadi Dermawan, 160701041, FST, ARS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24MB)

Abstract

Provinsi Aceh khususnya Aceh Selatan merupakan daerah yang penduduknya mayoritas beragama islam. Banyak wadah pendidikan agama Islam, pondok pesantren maupun sekolah-sekolah berbasis Islami yang bisa ditemui. Islamic Center dibangun bertujuan untuk bisa mewadahi segala kegiatan masyarakat seperti beribadah, perdidikan agama, sosial maupun ekonomi serta mampu menampung kegiatan penunjang keIslaman. Masyarakat Aceh juga terkenal sangat relegius dan memiliki budaya adat yang identik dengan islam. Kehidupan budaya adat Aceh dengan islam tidak bisa dipisahkan. Oleh karena itu, perancangan Islamic Center ini menggunkan tema Arsitektur Regionalisme yang merupakan interpretasi bentuk budaya-budaya masa lampau yang dikemas secara modern. Dan pada perancangan Islamic Center juga digunakan juga pendekatan Arsitektur islam. Unsur-unsur budaya atau ciri khas daerah di interpretasikan kedalam Islamic Center dengan bentuk yang modern dan juga di balut dengan unsur-unsur atau ornamen Islam. Sehingga bangunan Islamic Center akan menjadi icon baru di Aceh Selatan dan sebagai tempat masyarakat beribadah, berinteraksi serta pengingat akan budaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
700 Arts and Recreation > 720 Architecture (Arsitektur)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Gusnadi Dermawan Agus
Date Deposited: 16 Aug 2023 09:49
Last Modified: 16 Aug 2023 09:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30867

Actions (login required)

View Item
View Item