Analisis Butir Soal PAS Mata Pelajaran Fikih di MTsN 2 Aceh Besar

Restika Agustina, 180201124 (2023) Analisis Butir Soal PAS Mata Pelajaran Fikih di MTsN 2 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Butir Soal PAS Mata Pelajaran Fikih di MTsN 2 Aceh Besar] Text (Analisis Butir Soal PAS Mata Pelajaran Fikih di MTsN 2 Aceh Besar)
RESTIKA AGUSTINA, S. Pd.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Analisis butir soal adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa dan untuk meningkatkan kualitas soal yang telah diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Penilaian Akhir Semester (PAS) khususnya pada semester ganjil mata pelajaran Fikih kelas VIII di MTsN 2 Aceh Besar tahun ajaran 2022/2023 meliputi validitas soal, reliabilitas soal, tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal dan fungsi pengecoh soal. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 2 Aceh Besar yang berjumlah 224 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini adalah random sampling yang berjumlah 22 siswa. Dari lembar soal tersebut peneliti mengambil keseluruhan soal yang berjumlah 50 butir soal. Hasil analisis butir soal dari validitas menunjukkan 21 butir soal (42%) tidak valid dan 29 butir soal (58%) valid. Segi rabilitas memiliki koefesien reliabilitas tinggi yaitu 0,761. Segi kesukaran menunjukkan 13 butir soal (26%) kategori mudah (mudah), 33 butir soal (66%) kategori cukup (tidak perlu direvisi) dan 4 butir soal (8%) kategori sukar (revisi). Ditinjau dari daya pembeda soal, didapatkan 25 butir soal (50%) tergolong dalam kategori jelek, 16 butir soal (32%) kategori cukup, 8 butir soal (16%) kategori baik dan hanya 1 soal (2%) dalam kategori baik sekali. Ditinjau dari fungsi pengecoh soal, didapat sebanyak 28 butir soal (56) tergolong dalam kategori sangat baik, 15 butir soal (30%) tergolong dalam kategori baik, 6 butir soal (12%) tergolong dalam kategori kurang baik dan 1 soal (2%) dalam kategori tidak baik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restika Agustina Restika
Date Deposited: 16 Aug 2023 09:43
Last Modified: 16 Aug 2023 09:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30869

Actions (login required)

View Item
View Item