Implementasi Akad Ijarah Dan Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Petani Pada Lahan Pertanian Di Desa Paya Pisang Klat Pidie Jaya

Muhammad Wahid Mahfud, 150602142 (2022) Implementasi Akad Ijarah Dan Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Petani Pada Lahan Pertanian Di Desa Paya Pisang Klat Pidie Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi, Akad Ijarah, Lahan Pertanian] Text (Implementasi, Akad Ijarah, Lahan Pertanian)
M. Wahid Mahfud, 150602142, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Usaha lahan pertanian yang terdapat di Desa Paya Pisang Klat melibatkan dua pihak dalam sewa-menyewa sehingga telah membuat adanya sebuah akad ijarah antara kedua belah pihak, yang tentunya dapat mempengaruhi pendapatan keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat implementasi akad ijarah pada usaha lahan pertanian di Desa Paya Pisang Klat dan tingkat pendapatan petani dalam implementasi ijarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Informan terdiri dari pemilik lahan, petani penggarap dan perangkat desa. Teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa implementasi akad ijarah pada masyarakat petani di Desa Paya Pisang Klat dilakukan secara langsung antara pemilik lahan dengan penggarap secara lisan dan tertulis. Akad ijarah ini memuat kesepakatan tentang luas lahan yang disewa untuk digarap dan pembayaran untuk biaya sewa setelah panen tiba. Apabila terjadi gagal panen yang tidak dapat dihindari maka pihak pemilik lahan mengizinkan penggarap lahan untuk membayar sewa pada panen selanjutnya, dan juga penerapan akad ijarah yang dilakukan pada lahan pertanian di Desa Paya Pisang Klat telah terpenuhi rukun dan syarat yang sahnya akad ijarah. Selanjutnya dalam hal pendapatan petani di Desa Paya Pisang Klat sudah tergolong mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Wahid Mahfud Mahfud
Date Deposited: 16 Aug 2023 09:49
Last Modified: 16 Aug 2023 09:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30870

Actions (login required)

View Item
View Item