Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Keterampilan Menjahit di Balai Latihan Kerja (BLK) dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga di Kabupaten Pidie Jaya

Muazzinah, 170604090 (2023) Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Keterampilan Menjahit di Balai Latihan Kerja (BLK) dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga di Kabupaten Pidie Jaya. Other thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Keterampilan  Menjahit di Balai Latihan Kerja (BLK) dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga di Kabupaten Pidie Jaya] Text (Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Keterampilan Menjahit di Balai Latihan Kerja (BLK) dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga di Kabupaten Pidie Jaya)
Muazzinah FEBI Edit SIGMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Garis tingkat kemiskinan di Pidie Jaya menempati urutan ke-17 termiskin dari seluruh kabupaten yang ada di Aceh, sehingga untuk mengurangi kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran di Pidie Jaya, maka pemerintah menyelenggarakan program menjahit melalui Balai Latihan Kerja (BLK). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pemberdayaan perempuan dan kendala pemberdayaan perempuan melalui keterampilan menjahit di BLK Kecamatan Panteraja Kabupaten Pidie Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan program keterampilan menjahit telah berjalan dengan baik di kecamatan Panteraja Kabupaten Pidie Jaya. Adapun pelaksanaan program keterampilan menjahit meliputi 1) pengenalan mesin; 2) belajar menjalankan jarum di atas kertas tanpa benang; 3) belajar menjalankan jarum di atas kertas memakai benang; 4) belajar menjahit menggunakan bahan; 5) membuat pola; 6) membuat sebuah karya; 7) evaluasi. Penghasilan setelah mengikuti program keterampilan menjahit meningkat dan cukup baik. Kendala saat melakukan kegiatan keterampilan menjahit adalah tidak ada montir saat mesin rusak, kurangnya dukungan dari keluarga dan kurangnya fasilitas atau sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Muazzinah Muazzinah
Date Deposited: 16 Aug 2023 10:22
Last Modified: 16 Aug 2023 10:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30872

Actions (login required)

View Item
View Item