Realisasi Waktu Penyerahan Mobil Pada Transaksi Jual Beli Secara Inden Dalam Perspektif Akad Jual Beli Istiṣna’ (Suatu Penelitian pada PT Dunia Barusa Banda Aceh)

Afdhal, 190102198 (2023) Realisasi Waktu Penyerahan Mobil Pada Transaksi Jual Beli Secara Inden Dalam Perspektif Akad Jual Beli Istiṣna’ (Suatu Penelitian pada PT Dunia Barusa Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Realisasi Waktu Penyerahan Mobil Pada Transaksi Jual Beli Secara Inden Dalam Perspektif Akad Jual Beli Istiṣna’ (Suatu Penelitian pada PT Dunia Barusa Banda Aceh)] Text (Realisasi Waktu Penyerahan Mobil Pada Transaksi Jual Beli Secara Inden Dalam Perspektif Akad Jual Beli Istiṣna’ (Suatu Penelitian pada PT Dunia Barusa Banda Aceh))
SKRIPSI Afdhal fixxx.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Transaksi jual beli inden muncul disebabkan tingginya animo masyarakat terhadap objek-objek tertentu yang memiliki kualitas bagus dan kapasitas produksi yang terbatas sehingga konsumen yang mengorder barang tersebut harus menunggu dalam waktu yang lama. Pada kajian ini, peneliti bertujuan meriset permasalahan yaitu bagaimana kebijakan manajemen PT Dunia Barusa Banda Aceh terhadap pemenuhan produk inden yang dipesan oleh konsumen, pertanggungjawaban manajemen terhadap realisasi waktu pada perjanjian penyerahan mobil dengan sistem inden dan perspektif akad jual beli terhadap realisasi waktu pada perjanjian penyerahan mobil secara inden pada PT Dunia Barusa Banda Aceh. Untuk memperoleh data yang valid dan objektif desain penelitian dengan pendekatan sosiologis normatif, jenis penelitian deskriptif untuk menggambarkan realitas yang terjadi pada transaksi inden pada PT Dunia Barusa Banda Aceh. Hasil penelitian diperoleh bahwa kebijakan pada transaksi inden PT Dunia Barusa Banda Aceh dengan mengharuskan konsumen membayar DP sesuai jenis mobil diinden, menyertakan fotokopi KTP dan mematuhi kontrak. PT Dunia Barusa Banda Aceh berkomitmen untuk menyerahkan mobil kepada konsumen tepat waktu dalam sistem inden dengan melakukan analisis ketersediaan produk dan alokasi mobil dari PT TAM untuk memastikan pengiriman dari pabrik ke showroom dan selalu memberikan informasi yang akurat dan transparan kepada konsumen. Sistem inden yang secara fiqhiyyah dapat diketgorikan sebagai jual beli istiṣna’ meskipun tidak sepenuhnya syarat istiṣna’ terpenuhi pada proses pembuatan mabi’-nya, dengan hanya melalui mekanisme penyediaan barang berupa mobil dilakukan oleh PT TAM dan spesifikasinya sehingga PT Dunia Barusa Banda Aceh sebagai reseller dengan dealer resminya hanya melaksanakan pemenuhan produksi yang dijanjikan dan sesuai dengan standar yang berlaku pada PT TAM untuk memenuhi seluruh pesanan konsumennya tepat waktu sebagaimana disepakati dalam kontrak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.29 Aspek Muamalat Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Afdhal Afdhal
Date Deposited: 16 Aug 2023 10:22
Last Modified: 16 Aug 2023 10:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30873

Actions (login required)

View Item
View Item