Pengembangan Media Pembelajaran Role Play Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Masyuri Alurmas

Sartina, 160210106 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Role Play Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Masyuri Alurmas. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Role Play] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Role Play)
Sartina 160210106, FTK, PIAUD, 082220704413.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ada, diketahui bahwasanya pembelajaran di TK Masyuri Desa Alurmas jarang menggunakan media pada saat proses pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah adalah bagaimana pengembangan dan kelayakan media pembelajaran role play dalam meningkatkan kognitif anak usia 5-6 tahun. Tujuan penelitian untuk mengembangkan dan melihat kelayakan media Role play dalam meningkatkan kognitif anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang di gunakan adalah Research and Development dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Teknik pengumpulan digunakan yaitu validasi materi, media, dan lembar observasi kemampuan kognitif, dan teknik analis data yang digunakan menggunakan perhitungan persentase kelayakan dengan menggunakan skala likert. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 75% kriteria layak, ahli media memperoleh skor dengan 4 skor persentase 97,5% dengan kategori sangat layak. Penilaian hasil uji coba kelompok kecil dengan kategori mulai berkembang dilakukan pada usia 5-6 tahun dengan jumlah 10 orang anak memperoleh persentase 92,6% yang masuk dalam kategori berkembang sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 800 Literature (Sastra)
800 Literature (Sastra) > 870 Latin Literatures (Kesusastraan Latin)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Sartina Tina
Date Deposited: 16 Aug 2023 10:13
Last Modified: 16 Aug 2023 10:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30883

Actions (login required)

View Item
View Item