Analisis Proteksi Fraud Pada Transaksi Pembangunan Perumahan Di PT Atlanta Globalindo Mandiri Dan PT Flamboyan Mega Tama Dalam Perspektif Akad Ijārah ‘Ala Al-‘Amāl

Tara Marlina, 1901012127 (2023) Analisis Proteksi Fraud Pada Transaksi Pembangunan Perumahan Di PT Atlanta Globalindo Mandiri Dan PT Flamboyan Mega Tama Dalam Perspektif Akad Ijārah ‘Ala Al-‘Amāl. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Proteksi Fraud Pada Transaksi Pembangunan Perumahan Di PT Atlanta Globalindo Mandiri Dan PT Flamboyan Mega Tama Dalam Perspektif Akad Ijārah ‘Ala Al-‘Amāl] Text (Analisis Proteksi Fraud Pada Transaksi Pembangunan Perumahan Di PT Atlanta Globalindo Mandiri Dan PT Flamboyan Mega Tama Dalam Perspektif Akad Ijārah ‘Ala Al-‘Amāl)
SKRIPSI TARA MARLINA. (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Akad ijārah ‘ala al-‘amāl digunakan untuk mempekerjakan seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu dengan memberikaan feedback atas jasanya berupa upah. Pada pembangunan perumahan di PT Atlanta Globalindo Mandiri dan PT Flamboyan Mega Tama, terjadi kesalahan saat pekerja melakukan pengerjaan rumah karena tidak sesuai dengan spesifikasi rumah yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan hingga membuat waktu dan biaya pengerjaan rumah tidak sesuai target. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana identifikasi fraud yang dilakukan oleh PT Atlanta Globalindo Mandiri dan PT Flamboyan Mega Tama terhadap kinerja kontraktor, bagaimana sistem proteksi pihak PT Atlanta Globalindo Mandiri dan PT Flamboyan Mega Tama terhadap kinerja kontraktor, dan bagaimana perspektif akad ijārah ‘ala al-‘amāl terhadap prosedur proteksi fraud pada pembangunan perumahan di PT Atlanta Globalindo Mandiri. Kajian ini menggunakan pendekatan sosiologis normatif dan jenis penelitian deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data melalui wawancara (interview) dan data dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pihak pengawas menemukan kesalahan-kesalahan pada pembangunan perumahan di PT Atlanta Globalindo Mandiri dan PT Flamboyan Mega Tama yang disebabkan oleh pihak pekerja. Sistem pengawasan yang diterapkan oleh kedua perusahaan ini dilakukan secara langsung dengan menugaskan pihak pengawas untuk meninjau lapangan selama proses pembangunan guna menghindari terjadinya penyelewengan atau penyimpangan atas rencana kerja yang telah ditetapkan. Sistem proteksi yang dijalankan oleh manajemen PT Atlanta Globalindo Mandiri dan PT Flamboyan Mega Tama telah sesuai dengan konsep ijārah ‘ala al-‘amāl dengan mengadakan kegiatan pengawasan dan penetapan kebijakan mengenai tindakan lebih lanjut terhadap risiko kesalahan pada pembangunan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Tara Marlina Tara
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:50
Last Modified: 18 Aug 2023 09:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30895

Actions (login required)

View Item
View Item