Pengaruh Jumlah Penduduk, Pengangguran dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Aceh

Siska Nurjannah, 180604022 (2023) Pengaruh Jumlah Penduduk, Pengangguran dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kebijakan Pembangunan Ekonomi, Fiskal dan Moneter] Text (Kebijakan Pembangunan Ekonomi, Fiskal dan Moneter)
SKRIPSI SISKA NURJANNAH 180604022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Nama : Siska Nurjannah NIM : 180604022 Fakultas/Program Studi : Ekonomi dan Bisnis Islam/IlmuEkonomi
Judul : Pengaruh Jumlah Penduduk, Pengangguran Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pertumbuhan ekonomi Di Provinsi Aceh Pembimbing I : Dr. Idaryani, S.E., M.Si Pembimbing II : Uliya Azra, S.E., M.Si

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator yang sangat penting dalam menilai kinerja suatu perekonomian, hal tersebut dilakukan untuk melihat hasil pembangunan ekonomi yang telah dilaksanakan oleh suatu negara atau suatu daerah. Pertumbuhan ekonomi juga merupakan proses kenaikan ouput perkapita dalam jangka panjang. Dengan demikian, perekonomian dikatakan mengalami pertumbuhan apabila pendapatan rill masyarakat tahun tertentu lebih besar daripada pendapatan rill masyarakat pada tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jumlah penduduk, pengangguran dan tingkat pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa data time series. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Pertumbuhan Ekonomi, Jumlah Penduduk, Tingkat Pengangguran Terbuka, dan Tingkat Pendidikan (Rata-rata Lama Sekolah), selama 31 tahun dari tahun 1990-2021. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa Jumlah Penduduk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Dan Pengangguran juga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Serta Tingkat Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan tehadap Pertumbuhan Ekonomi. Serta secara simultan Jumlah Penduduk, Tingkat Pengangguran Terbuka dan Tingkat Pendidikan secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Aceh.
Kata Kunci : Jumlah penduduk, Pengangguran, Tingkat pendidikan, dan Pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Siska Nurjannah Siska
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:22
Last Modified: 24 Aug 2023 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30896

Actions (login required)

View Item
View Item