Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Peningkatan Hasil Belajar SKI Pada Siswa MAN 1 Blangkejeren

Julkadri, 150201147 (2023) Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Peningkatan Hasil Belajar SKI Pada Siswa MAN 1 Blangkejeren. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping] Text (Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping)
Julkadri, 150201147, FTK, PAI, 285296620336.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran SKI di MAN 1 Blangkejeren selama ini masih berorientasi pada guru sehingga diperlukan metode mind mapping dalam pembelajaran SKI. Adapun fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat hasil belajar siswa terhadap penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran SKI di sekolah MAN 1 Blangkejeren, (2) pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran SKI di MAN 1 Blangkejeren kelas X-MIA 2. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest (desain kolompok tunggal pretest dan posttest). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Blangkejeren berjumlah 53 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini di ambil kelas X-MIA 2 berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi berupa nilai rapor mata pelajaran SKI Semester Genap Tahun ajaran 2019 dan tes. Tes menggunakan tes soal pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Analisis data penelitian menggunakan dependent sample t-test dibantu dengan software SPSS 20 for windows selanjutnya Selisih skor pretest dan posttes diolah dengan rumus N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa terhadap penerapan metode mind mapping melalui pretest nilai terendah 25 dan tertinggi 60. Dan nilai rata-rata yaitu 81,81. (2) Terdapat pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung adalah sebesar -21,31 dengan sig 0,00 karena <0,05 maka nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Dapat disimpulkan, Ho ditolak, artinya rata-rata nilai SKI sebelum dan sesudah menggunakan metode mind mapping adalah berbeda. Adapun selisih peningkatan skor pretest dan posttest siswa yaitu 42,5 dan peningkatan hasil belajar siswa yaitu 0,70 yang termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian, metode mind mapping mempengaruhi nilai siswa/i pada materi SKI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Julkadri Jul
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:43
Last Modified: 18 Aug 2023 09:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30900

Actions (login required)

View Item
View Item