Pemanfaatan Media Teknologi Terhadap Administrasi Guru di Min 11 Banda Aceh

Crista Buana, 170206067 (2022) Pemanfaatan Media Teknologi Terhadap Administrasi Guru di Min 11 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan Media Teknologi Terhadap Administrasi Guru di Min 11 Banda Aceh] Text (Pemanfaatan Media Teknologi Terhadap Administrasi Guru di Min 11 Banda Aceh)
Skripsi Tata siap edit.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pemanfaatan media teknologi secara baik dan tepat guna dapat membantu memaksimalkan pekerjaan guru dalam proses administrasi serta belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media teknologi pada administrasi guru, strategi guru dalam memanfaatkan media teknologi pada administrasi, dan hambatan-hambatan dalam memanfaatkan media teknologi sebagai fasilitas pendukung pada administrasi guru di MIN 11 Banda Aceh. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, 3 orang guru dan tenaga tata usaha. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media teknologi pada administrasi guru di MIN 11 Banda Aceh yang ketersediaan media teknologi telah disediakan madrasah dan kemampuan guru dalam mamanfaatkan media teknologi pada administrasi seperti penggunaan komputer, lcd proyektor, webside sekolah, dan jaringan internet. Strategi guru dalam memanfaatkan media teknologi administrasi di MIN 11 Banda Aceh yaitu kepala madrasah mengarahkan guru-guru agar selalu menggunakan dan memanfaatkan media teknologi. Hambatan guru dalam memanfaatkan media teknologi sebagai fasilitas pendukung administrasi guru di MIN 11 Banda Aceh yaitu masih kurangnya kemauan dan semangat untuk belajar dari para guru yang kelahiran tahun 70-an, sehingga guru tersebut tidak mampu menggunakan dan memanfaatkan media teknologi yang disediakan pihak sekolah seperti komputer dalam mengimput nilai atau data ke aplikasi webside sekolah, kemudian jaringan internet yang kurang memadai dan sering terputus, serta ketersediaan LCD proyektor masih belum mencukupi dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Crista Buana Crista
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:48
Last Modified: 18 Aug 2023 09:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30903

Actions (login required)

View Item
View Item