Pengajaran mufradat menggunakan Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa di pondok pesantren Al-falah Abu Lam Ue Aceh Besar

Rahmat Yani, 140202124 (2023) Pengajaran mufradat menggunakan Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa di pondok pesantren Al-falah Abu Lam Ue Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengajaran  mufradat  menggunakan  Penerapan  model pembelajaran Contextual Teaching and Learning] Text (Pengajaran mufradat menggunakan Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning)
Rahmad Yani,140202124, FTK, PBA, 082268014889 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pada penelitian ini, peneliti mengamati proses pembelajaran bahasa Arab di MAS pesantren Abu Lam Ue. Peneliti melihat bahwa sebagian besar siswa memiliki kesulitan dalam menghafal dan memaknai kosa kata bahasa arab khususnya siswa di kelas X. Dan mereka juga merasa jenuh saat mengikuti proses pembelajaran, itu disebabkan karena guru tidak menggunakan media dan metode pembejaran yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam menghafal dan memaknai kosa kata bahasa Arab. Dan untuk mengidentifikasi respon para siswa terhadap penerapan model pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pre eksperimen dengan desain one group pre-test post-test, dan untuk pengumpulan data peneliti menggunakan tes (pretes dan postes) dan angket. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatif. Dan sebagai sampel dalam penelitian, peneliti memilih kelas X yang berjumlah 33 siswa. Peneliti menggunakan nilai persentase dan nilai rata-rata untuk menganalisa data respon siswa dan menganalisa uji T untuk memperoleh nilai efektivitas. Hasil uji T menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai mufradat dan hasil angket menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan kemmampuan menghafal dan memaknai kosa kata bahasa Arab berada pada tingkatan tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rahmat Yani Rahmat
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:43
Last Modified: 18 Aug 2023 09:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30905

Actions (login required)

View Item
View Item