Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble berbantuan Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MIN 4 Bener Meriah

Aufa Eliana, 190209164 (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble berbantuan Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MIN 4 Bener Meriah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble berbantuan Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MIN 4 Bener Meriah] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble berbantuan Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MIN 4 Bener Meriah)
UPLOD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran membaca di kelas sering kali menggunakan metode konvensional, yaitu siswa disuruh membaca bahan bacaan kemudian menanyakan apa-apa saja yang tidak dipahami. Hal tersebut membuat pembelajaran membaca pemahaman kurang bervariasi dan kurang menarik. Dalam belajar membaca diperlukan model maupun media yang menunjang kemampuan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan permasalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan flash card terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV MIN 4 Bener Meriah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Eksprimental Design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Peneliti memberikan teks bacaan dan memberikan pre-test, kemudian memberikan treatment dan post-test. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas IV MIN 4 Bener Meriah dan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Pada teknik pengumpulan data siswa diberikan soal tes berbentuk tes awal dan tes akhir, kemudian data tersebut dianalisis dengan uji t yaitu paired sample test menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 24. Hasil kemampuan membaca pemahaman dilihat dari nilai rata-rata pre-test yang diperoleh yaitu sebesar 32 dan nilai rata-rata post-test sebesar 86. Hasil uji t diperoleh t_hitung > t_tabel, yaitu 18.298 > 1,734. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media flash card.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aufa Eliana Aufa
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:26
Last Modified: 22 Aug 2023 14:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30907

Actions (login required)

View Item
View Item