Penggunaan Permainan Catur Melalui Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Banda Aceh

Maya Sari, 190213048 (2023) Penggunaan Permainan Catur Melalui Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Permainan Catur Melalui Layanan Bimbingan    Kelompok untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa   Kelas VII SMP Negeri 6 Banda Aceh] Text (Penggunaan Permainan Catur Melalui Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Banda Aceh)
SKRIPSI SELESAI (MAYA SARI) (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Konsentrasi belajar merupakan suatu bentuk kemampuan individu dalam memusatkan pikiran dan perilaku yang tertuju pada kegiatan belajar. Namun yang terjadi di SMP Negeri 6 Banda Aceh masih banyak siswa yang memiliki konsentrasi belajar rendah, sehingga perlunya upaya untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa melalui layanan bimbinbingan kelompok menggunakan permainan catur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan konsentrasi belajar siswa dengan menerapkan media permainan catur melalui layanan bimbingan kelompok. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode penelitian menggunakan Metode One Group Pre-test Post-test Design, Subjek penelitian 6 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan angket untuk mengukur konsentrasi belajar siswa. Analisis data uji normalitas menggunakan SPSS versi 20 Shapiro Wilk dengan taraf signifikan 5%. Pada paired samples test uji-T bertujuan untuk membandingkan antara sebelum dan sesudah diberikan treatment. Berdasarkan hasil paired samples test uji-T bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sesudah dan sebelum diberikan permainan catur, hal ini membuktikan bahwa hasil uji hipotesis konsentrasi belajar siswa sebelum dan sesudah mempunyai skor yang lebih tinggi. Berdasarkan skor tafsiran efektivitas N-Gain termasuk kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil analisis pembahasan dari data penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan catur melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Maya Sari Maya
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:50
Last Modified: 18 Aug 2023 09:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30909

Actions (login required)

View Item
View Item