Desain Trainer Penyearah Terkendali 3 Fasa Untuk Mata Kuliah Elektronika Daya

Muhammad Yusaldi, 180211064 (2023) Desain Trainer Penyearah Terkendali 3 Fasa Untuk Mata Kuliah Elektronika Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Desain Trainer Penyearah Terkendali 3 Fasa Untuk Mata Kuliah Elektronika Daya] Text (Desain Trainer Penyearah Terkendali 3 Fasa Untuk Mata Kuliah Elektronika Daya)
Muhammad Yusaldi, 180211064 FTK, PTE,.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Trainer penyearah terkendali 3 fasa berperan penting sebagai salah satu komponen yang dapat mencegah terjadinya kerusakan pada trainer-trainer praktikum untuk mata kuliah Elektronika Daya. Tujuan dari pembuatan trainer penyearah terkendali 3 fasa ini adalah untuk menunjang salah satu pembelajaran praktikum pada mata kuliah Elektronika Daya agar mahasiswa dapat lebih mudah dan memaksimalkan dalam menjalankan praktikum. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan 6 tahap dari 10 tahap yang ada pada metode ini. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan lembar validasi ahli materi untuk menguji kelayakan pada alat trainer penyearah terkendali 3 fasa. Penelitian ini melibatkan 4 orang dosen sebagai validator ahli media dan ahli materi. Selain dosen, selanjutnya hasil kelayakan yang diperoleh dari kedua ahli media adalah mencapai 85,3% dengan kategori “Sangat Layak” sedangkan hasil kedua ahli materi adalah mencapai 94.4% dengan kategori “Sangat Layak” menunjukkan bahwa trainer ini sangat layak digunakan dalam praktikum pada mata kuliah Elektronika Daya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah trainer penyearah terkendali 3 fasa yang telah dirancang dapat digunakan untuk

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Muhammad Yusaldi
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:44
Last Modified: 18 Aug 2023 09:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30916

Actions (login required)

View Item
View Item