Identifikasi Dan Keanekaragaman Tumbuhan Spermatophyta Di Kecamatan Darul Imarah Sebagai Media Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati

Natasya Ulfa, 190207020 (2023) Identifikasi Dan Keanekaragaman Tumbuhan Spermatophyta Di Kecamatan Darul Imarah Sebagai Media Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Identifikasi Dan Keanekaragaman Tumbuhan Spermatophyta Di Kecamatan Darul Imarah Sebagai Media Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati] Text (Identifikasi Dan Keanekaragaman Tumbuhan Spermatophyta Di Kecamatan Darul Imarah Sebagai Media Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati)
Natasya Ulfa 190207020, FTK, PBL, 085277390989.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (30MB)

Abstract

Pembelajaran yang dilaksanakan saat ini di sekolah-sekolah menggunakan kurikulum 2013, pada kurikulum ini peserta didik dituntut agar lebih aktif sedangkan guru hanya membimbing dan mengarahkan siswa. Siswa memerlukan suatu acuan yang lebih mendetail terkait tumbuhan spermatophyta yang termasuk dalam materi keanekaragaman hayati dalam proses pembelajaran, oleh karena diperlukannya suatu media guna mendukung proses pembelajaran.Tujuan penelitian untuk mengetahui jenis tumbuhan Spermatophyta, serta keanekaragaman tumbuhan Spermatophyta di kecamatan Darul imarah yang dijadikan sebagai media pembelajaran pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 1 Darul Imarah. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode eksplorasi yang dikombinasikan dengan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan buku identifikasi serta menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data secara kualitatif untuk pendeskripsian tumbuhan dan kuantitatif untuk indeks keanekaragaman dan analisis uji kelayakan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tumbuhan spermatohyta di seluruh stasiun penelitian terdapat 72 jenis dari 39 famili dengan total keseluruhan 7539 individu. Tingkat indeks nilai penting mencapai 300, tingkat keanekaragaman tumbuhan Spermatophyta adalah sebesar 2.990435 yaitu termasuk kategori sedang. Kelayakan media atlas diperoleh persentase 91,4% dari segi media dan 92% dari segi materi dengan kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 1 Darul Imarah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Natasya Ulfa
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:48
Last Modified: 18 Aug 2023 09:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30917

Actions (login required)

View Item
View Item