Strategi Pengelolaan Pariwisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Di Kabupaten Simeulue

Asnawiyah, 180802055 (2023) Strategi Pengelolaan Pariwisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Di Kabupaten Simeulue. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Pengelolaan Pariwisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Di Kabupaten Simeulue] Text (Strategi Pengelolaan Pariwisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Di Kabupaten Simeulue)
SKRIPSI SRI ASNAWIYAH final.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pariwisata di Kabupaten Simeulue memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Keindahan alamnya yang memliki air laut yang biru dan jernih beserta pasir pantainya yang putih dan karakter ketinggian ombaknya yang unik menarik perhatian bagi siapa saja yang ingin berselancar. Pengembangan di sektor pariwisata memberikan sumbangsih bagi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Simeulue. Penerimaan pajak dari pariwisata dapat memberikan kontribusi setiap tahunnya untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Simeulue. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pengelolaan pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Simeulue dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan hambatannya dalam menjalankan strategi pengelolaan pariwisata tersebut. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang di lakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam pengelolaan pariwisata meliputi pemberdayaan masyarakat dengan pembentukan kelompok sadar wisata dan memanfaatkan media online serta offline dalam mepromosikan pariwisata di Kabupaten Simeulue, selanjutnya juga menfaatkan Agam Inong Simeulue untuk menjadikan promotor dalam mempromosikan keindahan pariwisata di Kabupaten Simeulue. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Strategi Pengelolaan Pariwsata Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Simeulue oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Simeulue telah dilaksanakan indikator meskipun ada hambatan internal dan ekstrenal yang muncul.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya > 361.1 Masalah sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Sri Asnawiyah Sri
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:47
Last Modified: 18 Aug 2023 09:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30920

Actions (login required)

View Item
View Item