Dinamika Penanganan Pengungsi Rohingnya Oleh Lembaga Internasional Studi Kasus UNHCR Dan IOM Di Lhokseumawe Tahun 2020-2022

M.Arif Fhalda, 160801007 (2023) Dinamika Penanganan Pengungsi Rohingnya Oleh Lembaga Internasional Studi Kasus UNHCR Dan IOM Di Lhokseumawe Tahun 2020-2022. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Dinamika, Penanganan, Pengungsi Rohingnya, UNHCR, IOM] Text (Dinamika, Penanganan, Pengungsi Rohingnya, UNHCR, IOM)
M. Arif Fhalda, 160801007, FISIP, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penanganan pengungsi Rohingnya oleh lembaga Internasional dan bagaimana dinamika sosial dan budaya pengungsi Rohingnya selama berada di Camp pengungsian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, penanganan pengungsi dengan cara memberikan perlindungan internasional, bantuan kemanusiaan, layanan kesehatan, dan pendidikan kepada pengungsi. Yang kedua, adapun dinamika sosial dan budaya pengungsi Rohingnya selama berada di camp pengungsian rohingnya meliputi aspek sosial, aspek kesehatan dan aspek psikologi di camp pengungsian maka dapat peneliti simpulkan bahwa UNHCR dan IOM telah melakukan penanganan yang sangat baik dalam hal membantu pengungsi Rohingya. Dalam aspek sosial, mereka telah bekerja bersama untuk menyediakan tempat tinggal sementara yang layak, mendukung pendidikan anak-anak, dan mempromosikan pembentukan komunitas inklusif. Di aspek kesehatan, mereka telah memberikan akses yang memadai terhadap layanan medis dasar melalui klinik dan fasilitas kesehatan. Adapun dalam aspek psikologi, mereka juga memberikan dukungan psikososial melalui konseling dan rehabilitasi mental untuk membantu pengungsi mengatasi dampak traumatis pengalaman mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: M. Arif Fhalda Arif
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:42
Last Modified: 18 Aug 2023 09:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30929

Actions (login required)

View Item
View Item