Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Group Investigation Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Sman Unggul Darussalam Labuhan Haji

Feby Shoviana Yurifa, 170207123 (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Group Investigation Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Sman Unggul Darussalam Labuhan Haji. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Group Investigation Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Sman Unggul Darussalam Labuhan Haji] Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Group Investigation Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Sman Unggul Darussalam Labuhan Haji)
Feby Shoviana Yurifa, 170207123, FTK, PBL, 082217806289.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Pembahasan materi Keanekaragaman Hayati yang disampaikan selama ini dianggap kurang menarik, atau terkesan biasa saja, seperti pendidik memberikan informasi lalu memberikan lembar kerja peserta didik berupa soal-soal yang akan dikerjakan oleh peserta didik, sehingga pembelajaran menjadi monoton dan mengakibatkan hasil belajar siswa dengan persentase 50,06% atau 18 siswa dinyatakan tidak mencapai KKM yang diterapkan pada materi ini yaitu 75, sehingga perlu dikembangkan suatu media yang dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu LKPD berbasis Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dan menguji kelayakan LKPD berbasis Group Investigation pada materi Keanekaragaman Hayati di SMA N Unggul Darussalam Labuhan Haji. Rancangan penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan atau yang sering disebut sebagai R&D (Research and Development). Subyek penelitian ini adalah penguji ahli (expert judgement), yaitu ahli media sebanyak 3 penguji dan ahli materi sebanyak 3 penguji yang merupakan dosen ahli media, guru bidang studi biologi SMA N Unggul Darussalam Labuhan Haji. Objek penelitian ini yaitu materi pelajaran Keanekaragaman Hayati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan desain media LKPD menggunakan model pengembangan Borg & Gall dengan tahapan potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, dan tahap revisi desain. Kelayakan ahli materi diperoleh persentase yaitu 84,76% sedangkan oleh ahli media diperoleh persentase 87,17%. Kesimpulan dari penelitian ini pengembangan menggunakan model Borg & Gall menghasilkan media LKPD berbasis Group Investigation. Kelayakan media LKPD diperoleh rata-rata 84,76% dan 87,17% dengan kriteria sangat layak direkomendasikan sebagai salah satu media yang dapat digunakan sebagai sumber belajar di SMA N Unggul Darussalam Labuhan Haji.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Feby Shoviana Yurifa
Date Deposited: 21 Aug 2023 09:25
Last Modified: 21 Aug 2023 09:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30932

Actions (login required)

View Item
View Item