Desain Trainer Inverter 3 Phasa Untuk Mata Kuliah Elektronika Daya Di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro.

Yayan Maulana, 180211070 (2023) Desain Trainer Inverter 3 Phasa Untuk Mata Kuliah Elektronika Daya Di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Desain Trainer Inverter 3 Phasa Untuk Mata Kuliah Elektronika Daya Di Program Studi Pendidikan Teknik  Elektro.] Text (Desain Trainer Inverter 3 Phasa Untuk Mata Kuliah Elektronika Daya Di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro.)
Yayan Maulana, 180211070, FTK, PTE, 082242507755.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Trainer merupakan alat peraga dalam menunjang kegiatan pembelajaran dilaboratorium. Pada laboratorium kelistrikan Prodi Pendidikan Teknik Elektro khususnya pada mata kuliah elektronika daya, masih kekurangan alat trainer inverter 3 phasa sebagai bahan bantu ajar. Hal ini mengakibatkan mahasiswa menjadi kebingungan dalam melakukan praktikum secara nyata terhadap pembelajaran yang diperoleh. Oleh karena itu, diperlukan trainer inverter 3 phasa sebagai alat bantu ajar. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya menggunakan Research and Development(R&D). Desain Trainer Inverter 3 Phasa ini terdiri dari perancangan program pembangkit sinyal switching yang menggunakan Function Generator, perancangan rangkaian driver sebagai penggerak switch serta menggunakan IC IR2184 sebagai Pengontrol, dan perancangan rangkaian daya yang menggunakan 6 buah MOSFET. Hasil pengujian laboratorium menunjukkan bahwa tegangan yang dihasilkan oleh inverter tiga phasa ini memiliki bentuk PWM bertingkat dan frekuensi fundamental 50 Hz. Besar tegangan yang dihasilkan Vpa-pb = 1,9 Vac , Vpb-pc = 1,5 Vac , Vpc-pa = 2,2 Vac. Setelah dilakukan beberapa kali pengecekan dan berakhir dengan validasimedia dan validasi materi maka disumpulkan alat trainer inverter 3 phasa ini layak digunakan sebagai alat bantu ajar pada mata kuliah elektronika daya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Inverter 3 Phasa, Trainer, Mosfet, Driver IR2184
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Yayan Maulana Yayan
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:07
Last Modified: 25 Aug 2023 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30950

Actions (login required)

View Item
View Item