Hubungan Regulasi Emosi Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA Negeri 2 Sigli Kabupaten Pidie

Asmaul Husna, 180901083 (2023) Hubungan Regulasi Emosi Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA Negeri 2 Sigli Kabupaten Pidie. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Regulasi Emosi Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Sma Negeri 2 Sigli Kabupaten Pidie] Text (Hubungan Regulasi Emosi Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Sma Negeri 2 Sigli Kabupaten Pidie)
Husna.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Prokrastinasi akademik adalah bentuk penundaan yang dilakukan oleh seseorang yang berhubungan dengan tugas akademik. Perilaku prokrastinasi akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah regulasi emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Negeri 2 Sigli Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi product moment. Alat ukur dalam penelitian ini yaitu skala regulasi emosi dan skala prokrastinasi akademik. Jumlah populasi dari penelitian ini berjumlah 280 orang. Kemudian sampel dalam penelitian ini yaitu 155 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rank sebesar -0,251 dengan p= 0,002 (p <0,05) yang menandakan terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara regulasi emosi dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Negeri 2 Sigli Kabupaten Pidie. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Artinya semakin tinggi regulasi emosi maka semakin rendah prokrastinasi akademik, sebaliknya semakin rendah regulasi emosi maka semakin tinggi prokrastinasi akademik pada siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Asmaul Husna Husna
Date Deposited: 21 Aug 2023 09:00
Last Modified: 21 Aug 2023 09:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30964

Actions (login required)

View Item
View Item