Pengaruh Fashionable Dalam Gaya Busana Muslimah (Studi Kasus di Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie)

Mujibul Jannah, 190301013 (2023) Pengaruh Fashionable Dalam Gaya Busana Muslimah (Studi Kasus di Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Fashionable Dalam Gaya Busana Muslimah] Text (Fashionable Dalam Gaya Busana Muslimah)
Mujibul Jannah, 190301013, FUF, AFI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Fashion adalah gaya, mode, serta kebiasaan individu dalam berbusana. Wanita adalah makhluk yang sangat dimuliakan dalam Islam, sehingga pakaianpun diatur begitu sempurna bagi wanita. Masyarakat di Kecamatan Padang Tiji khususnya bagi kaum muslimah kebanyakan Islam sehingga tetap harus berpakain yang sesuai dengan syariat Islam, yang mana dalam Islam wanita sangat dimuliakan sehingga tidak terjadi hawa nafsu bagi kaum laki-laki. Yang mana fitnah paling besar bagi laki-laki adalah wanita. Islam telah mengatur cara berfashion yang diperbolehkan bagi setiap umatnya, baik laki-laki dan wanita.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk menjelaskan dan mendeskripsikan pemahaman fashion dikalangan masyarakat Kecamatan Padang Tiji dan (2) untuk mengetahui pengaruh-pengaruh fashionable dalam gaya busana muslimah sekarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dikategorikan sebagai bentuk penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yaitu berupa observasi serta wawancara lansung dan dokumentasi. Data yang telah dianalisi melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan upaya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman masyarakat tentang fashion tidak asing lagi di Kecamatan Padang Tiji dan masyarakat setempat juga sangat paham dengan fashion yang sedang berkembang dan trend sekarang. Ada beberapa pengaruh dalam berpakaian yang terjadi di kalangan masyarakat Kecamatan Padang Tiji yaitu, pengaruh teknologi, pengaruh budaya luar, pengaruh sang idolanya, pengaruh kerabat dekatnya, pengaruh dari media sosial serta banyak pengaruh lainnya. Baik itu berdampak positif maupun berdampak negatif. Jadi, kurang peduli atau kurang pemahaman masyarakat dalam berbusana yang benar dan sopan itu tergantung pada setiap individu orang, sehingga ada yang berpakaian sesuai dengan syariat Islam ada juga yang tidak seseuai dengan ranah dalam Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.1 Islam dan Filsafat
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Mujibul Jannah Muji
Date Deposited: 21 Aug 2023 10:01
Last Modified: 21 Aug 2023 10:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30965

Actions (login required)

View Item
View Item