Model Keteladanan Guru Dalam Transformasi Akhlak Siswa Di Kabupaten Aceh Utara

Ibnoel Hajar, 201002017 (2023) Model Keteladanan Guru Dalam Transformasi Akhlak Siswa Di Kabupaten Aceh Utara. Doctoral thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana S3 Pendidikan Agama Islam.

[thumbnail of Model Keteladanan Guru Dalam Transformasi Akhlak Siswa Di Kabupaten Aceh Utara] Text (Model Keteladanan Guru Dalam Transformasi Akhlak Siswa Di Kabupaten Aceh Utara)
Ibnoel Hajar, 201002017, Pascasarjana S3 PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (40MB)

Abstract

Arus globalisasi serba digital telah berhasil mengubah paradigma, pola, gaya hidup, tatanan nilai, sikap dan perilaku manusia. Semua itu berdampak menipisnya sendi-sendi moral dan akhlak anak bangsa dalam berbagai bidang termasuk bidang pendidikan. Di sinilah sangat dibutuhkan peran keteladanan guru agar bisa memberi perubahan sikap dan perilaku yang positif untuk peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui model keteladanan guru di era globalisasi dalam tarnsformasi akhlak siswa; 2) untuk menjelaskan strategi transformasi akhlak siswa berbasis keteladanan guru; dan 3) untuk mengetahui transformasi akhlak siswa berbasis keteladanan guru. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data meliputi: data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data: Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terkait model keteladanan guru di era globalisasi dalam tarnsformasi akhlak siswa, meliputi: model keteladanan bidang kepribadian, tingkah laku, tutur kata dan terpadu; (2) Terkait strategi transformasi akhlak siswa meliputi: adanya penerapan sikap tanggungjawab, lemah lembut, adil, sopan santun, disiplin, berkata jujur serta juga diiringi tutur kata yang baik di saat berkomunikasi, baik sesama guru maupun dengan siswa di dalam kelas. (3) Terkait transformasi akhlak siswa: secara manyoritas jelas terlihat adanya imbas tranformasi akhlak siswa kearah yang lebih baik dari sebelumnya. Namun demikian, masih terdapat juga adanya siswa yang akhlaknya belum sepenuhnya mencerminkan sikap keteladanan seperti yang diharapkan. Adapun novelty dari hasil temuan tersebut adalah model keteladanan yang diterapkan guru pada dirinya ternyata tidak serta merta berimplikasi sepenuhnya terhadap transformasi akhlak siswa kearah yang lebih baik. Penting untuk dicatat bahwa memiliki model keteladanan bukanlah tentang menjadi sempurna, tetapi tentang komitmen untuk menjadi yang terbaik dan bisa menginspirasi orang lain.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ibnoel Hajar Ibnoel
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:58
Last Modified: 21 Aug 2023 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30967

Actions (login required)

View Item
View Item