Pemanfaatan Jaringan Internet Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran PAI Pada Siswa Kelas 1 Di SMPN 4 Tangse

Ari Mursal, 190201138 (2023) Pemanfaatan Jaringan Internet Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran PAI Pada Siswa Kelas 1 Di SMPN 4 Tangse. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pemanfaatan Jaringan Internet Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran PAI Pada Siswa Kelas 1 Di SMPN 4 Tangse] Text (Pemanfaatan Jaringan Internet Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran PAI Pada Siswa Kelas 1 Di SMPN 4 Tangse)
Ari Mursal, 190201138, FTK, PAI, 082273958556.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Internet merupakan hal umum yang digunakan dalam Pendidikan, salah satunya sebagai sumber belajar, Dengan adanya internet sebagai sumber belajar memudahkan guru dan siswa dalam mencari materi pembelajaran yang tidak terdapat dalam buku. Namun pada kenyataannya, pemanfaatan internet sebagai sumber belajar di SMP 4 Tangse belum maksimal digunakan tepatnya pada pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan internet sebagai sumber belajar mata pelajaran PAI pada siswa kelas 1 di SMP N 4 Tangse, fasilitas internet di SMP N 4 Tangse dan faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan jaringan internet sebagai sumber belajar mata pelajaran PAI pada siswa kelas 1 SMP N 4 Tangse. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah satu guru mata pelajaran PAI dan delapan murid kelas satu. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari segi penggunaan internet sebagai sumber belajar di SMP N 4 Tangse guru dan siswa memanfaatkannya untuk media pembelajaran seperti mencari bahan belajar di you tube, fasilitas internet yang terdapat di SMP N 4 Tangse tersedianya komputer di laboratorium, wifi dan proyektor, faktor pendukung pemanfaatan jaringan internet sebagai sumber belajar siswa antara lain, adanya fasilitas internet untuk belajar, sumber belajar di internet pada mata pelajaran pendidikan agama islam lebih lengkap, mempermudah untuk mengerjakan tugas, sedangkan faktor penghambatnya adalah jaringan internet kurang lancar dan fasilitas internet yang disediakan sekolah masih kurang memadai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Mursal
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:39
Last Modified: 21 Aug 2023 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30977

Actions (login required)

View Item
View Item