Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Literasi Matematika di SMA Negeri 5 Banda Aceh

Nurani, 160205016 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Literasi Matematika di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Literasi Matematika di SMA Negeri 5 Banda Aceh] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Literasi Matematika di SMA Negeri 5 Banda Aceh)
SKRIPSI NURANI (160205016) FINAL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan literasi matematika merupakan salah satu kemampuan dalam menalar secara matematis dengan merumuskan, menggunakan dan menafsirkan matematika untuk diimplementasikan dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai konteks. Pada faktanya kemampuan literasi peserta didik berada pada kategori rendah sehingga diperlukan peranan guru dan model pembelajaran yang memadai agar dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik yaitu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan literasi matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan kemampuan literasi peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas XI SMA. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan dengan desain control group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling sehingga terpilih kelas XI.MIPA.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.MIPA.2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar tes kemampuan literasi matematika dan selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t. Setelah dilakukan pengujian terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh hasil analisis data sebagai berikut t_hitung>t_tabel yaitu 6,11>1,67, maka terima H_1 dan tolak H_0dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik daripada kemampuan literasi matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi aplikasi turunan di kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurani Nur
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:44
Last Modified: 21 Aug 2023 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30978

Actions (login required)

View Item
View Item