Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Air Bersih Di Gampong Jokja Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya

Dinda Anjeli, 180404024 (2023) Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Air Bersih Di Gampong Jokja Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Air Bersih Di Gampong Jokja Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya] Text (Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Air Bersih Di Gampong Jokja Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya)
Dinda Anjeli, 180404024, FDK, PMI, 087749366699.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya air, di satu sisi sebagai komoditas ekonomi, dan di sisi lain sebagai barang yang menjadi kebutuhan dasar dan asasi manusia maka negara harus memerlukan pengaturan dalam rangka melindungi ketersediaannya dan memenuhi kebutuhan rakyatnya dalam hal ini kebutuhan akan air bersih. Tingkat partisipasi masyarakat sangatlah dibutuhkan. Peran serta ini tidak hanya cukup pada tahap perencanaan dan pembangunan saja, namun hingga dalam tahap pengelolaannya. Semakin tinggi partisipasi masyarakat maka semakin lancarnya suatu kegiatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan air bersih di Gampong Jokja Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang, yang terdiri dari 4 orang aparatur Gampong dan 4 orang masyarakat biasa. Hasil dari penelitian ini adalah: 1). Sistem pengelolaan air bersih di Gampong Jokja Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya di kelola oleh masyarakat Jogja sendiri dengan di bentuknya petugas khusus yang bertugas mengelola ketersediaan air bersih. Masyarakat membantu mengawasi kondisi prasarana dan melaporkan jika ada kerusakan-kerusakan. 2). Partisipasi masyarakat dalam memulihkan kelangsungan air bersih di Gampong Jokja Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya adalah terlibat langsung dalam perencanaan, pengawasan dan perbaikan sarana air dengan melaksanakan kegiatan gotong-royong secara berkala sehingga terjaga kebersihan dan pendistribusian air sampai ke rumah warga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dinda Anjeli
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:44
Last Modified: 21 Aug 2023 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30979

Actions (login required)

View Item
View Item